Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118911
Title: | Gambaran Tingkat Stres dan Mekanisme Koping dalam Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember |
Authors: | SATRIAWAN, Handi Dwi |
Keywords: | STRESS LEVEL COPING MECHANISMS COLLAGE STUDENTS THESIS |
Issue Date: | 18-Aug-2023 |
Publisher: | Fakultas Keperawatan |
Abstract: | Skripsi merupakan salah satu syarat kelulusan yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Namun dalam prosesnya mahasiswa sering mengalami kendala, hambatan, dan tekanan. Fenomena inilah yang sering menyebabkan mahasiswa mengalami stres, ditambah lagi jika mekanisme koping yang digunakan mahasiswa tidaklah baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa gambaran tingkat stres dan mekanisme koping dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan samplenya yaitu consecutive sampling dengan 147 mahasiswa menjadi responden. Alat pengumpul datanya menggunakan dua kuesioner yaitu Dass-42 dan Brief Cope. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan stress yang paling banyak dialami oleh mahasiswa adalah tingkat stress sedang yaitu sebanyak 51 (34,7%) mahasiswa. Sementara untuk mekanisme koping terbanyak yang digunakan oleh mahasiswa adalah mekanisme koping adaptif yaitu dengan 87 (59,2%) mahasiswa. Dengan demikian mahasiswa perlu meningkatkan mekanisme koping yang lebih baik lagi agar mampu mengkontrol tingkat stress guna menghindari dampak buruk yang dapat terjadi. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl.4 Desember 2023 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118911 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Nursing |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2028-07-27 | 2.43 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools