Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118890
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FRANSISCA, Cindy Olivia | |
dc.date.accessioned | 2023-12-04T06:25:32Z | |
dc.date.available | 2023-12-04T06:25:32Z | |
dc.date.issued | 2023-06-23 | |
dc.identifier.nim | 160210101097 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118890 | |
dc.description | validasi_repo_firli_november_2023_1; Finalisasi oleh Taufik Tgl.4 Desember 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan pada saat ini dipandang sebagai sebuah kebutuhan penting manusia, selain itu pendidikan juga memiliki peranan penting dalam kemajuan sebuah negara karena pendidikan merupakan faktor utama dalam memajukan sumber daya manusia. Pendidikan juga dapat diartikan suatu usaha yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada peserta didik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Matematika mempelajari tentang berbagai penyelesaian masalah yang membutuhkan perhitungan, untuk itu diperlukan angkaangka untuk menyatakan hasil dari sebuah operasi hitung, rumus-rumus untuk menghitung sesuatu yang sedang dicari, dan simbol-simbol yang digunakan untuk menyimbolkan atau menyederhanakan unsur-unsur yang ada. Geometri adalah salah satu sistem dalam matematika yang berawal dari sebuah konsep pangkal yaitu titik. Kemudian titik-titik digunakan untuk membentuk garis dan garis akan menyusun bidang (Prihandoko, 2006). Menurut Alders dan Soemantri (1980) materi geometri adalah materi yang mempelajari tentang bentuk, ruang, sudut, komposisi beserta sifat-sifatnya, ukuran-ukurannya, dan hubungan antara satu dengan yang lain. Etnomatematika merupakan suatu konsep matematika yang tertuang dalam sebuah budaya. Dalam mempelajari sebuah materi siswa membutuhkan media pembelajaran yang mudah dipahami. Sehingga untuk mempermudah pemahaman siswa maka perlu menggunakan contoh yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument observasi dan instrument wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Pengumpulan etnomatematika Tari Labako pada tanggal 20 Juni 2023 di Sanggar Kartika Budaya Ambulu. Hasil analis data menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri pada etnomatematika Tari Labako, meliputi konsep titik, konsep garis, konsep bangun datar, dan konsep transformasi geometri. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Susanto, M.Pd.; Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | ETNOMATEMATIKA | en_US |
dc.subject | GEOMETRI | en_US |
dc.subject | TARI LABAKO | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN MATEMATIKA | en_US |
dc.title | Etnomatematika pada Tari Labako Berdasarkan Konsep Geometri | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Susanto, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_november_2023_1 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
CINDYOLIVIAF_160210101097.pdf Until 2028-07-05 | 1.53 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools