Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118862
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAYUNI, Dias-
dc.date.accessioned2023-12-01T01:19:18Z-
dc.date.available2023-12-01T01:19:18Z-
dc.date.issued2023-11-28-
dc.identifier.nim190210201053en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118862-
dc.description.abstractPada dasarnya pemberdayaan berfokus untuk memberikan perhatian kepada kelompok yang lemah. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada pemberdayaan yang ditunjukkan kepada disabilitas. Dimana mereka sering mendapatkan perlakuan diskriminasi sehingga perlu diberikan daya untuk memperoleh kesetaraan dalam kehidupannya. PKBM Rumpun Aksara merupakan PKBM di Kabupaten Jember yang menerima peserta didik disabilitas. Selain memberikan pengetahuan juga memberikan keterampilan berupa komputer, public spekaing dan kewirausahaan. Ketiganya diberikan kepada disabilitas karena melihat latar belakang mereka yang menjadi wirausaha dan adanya permasalahan terkait kurangnya kompetensi untuk menunjang kemajuan usaha mereka. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan warga belajar disabilitas dalam membangun kemandirian berwirausaha di PKBM Rumpun Aksara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Analisis data digunakan dengan menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan warga belajar disabilitas ini sudah melalui tiga tahap yaitu penyadaran, transformasi kemampuan dan peningkatan kemampuan. Selain itu keberhasilan dari program ini ditandai dengan tumbuhnya kemandirian berwirausaha pada warga belajar disabilitas. Seperti memiliki etos kerja, mampu memenuhi kebutuhan, tidak bergantung pada orang lain, dan inisiatif. Kesimpulan penelitian ini menyoroti bahwa adanya kendala seperti kurangnya sarana dan kurang konsistennya pelaksanaan dari pelatihan vokasional tidak membuat warga belajar disabilitas patah semangat. Mereka tetep sangat antusias untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan baru. Dari pihak PKBM Rumpun Aksara pun berusaha mencari solusi atas kendala tersebut. Sehingga adanya kendala hanya sebagai bahan evaluasi bukan menjadi alasan program pelatihan vokasional ini tidak berlanjut.en_US
dc.description.sponsorshipSylva Alkornia, S.Pd., M.Pd. Irliana Faiqotul Himmah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPemberdayaanen_US
dc.subjectDisabilitasen_US
dc.subjectKemandirian Berwirausahaen_US
dc.titlePemberdayaan Warga Belajar Disabilitas Dalam Membangun Kemandirian Berwirausaha di PKBM Rumpun Aksaraen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Sylva Alkornia, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Irliana Faiqotul Himmah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dias Ayuni 190210201053.pdf1.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools