Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118845
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAZMI, Ulul-
dc.date.accessioned2023-11-28T04:57:28Z-
dc.date.available2023-11-28T04:57:28Z-
dc.date.issued2023-06-05-
dc.identifier.nim191910701032en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118845-
dc.description.abstractProyek pembangunan kapal baru sering mengalami keterlambatan dari schedule yang sudah direncanakan akibat risiko-risiko yang berpengaruh sehingga proses delivery kapal mengalami kemunduran. Sama halnya dengan proyek pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit di PT. PAL Indonesia, dalam pengerjaannya pembangunan tersebut diketahui mengalami keterlambatan dari perencanaan pembangunan. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis risiko dan pengendalian dalam manajemen risiko proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko operasinal, mengetahui risiko operasional dominan serta melakukan pengendalian terhadap risiko yang terjadi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis risiko operasional pada 5 bagian produksi Hull Construction yaitu Fabrikasi, Sub-Assembly, Main Panel Line, Curve Block Line, dan Erection. Penelitian ini menggunakan metode probability impact matrix yang didasarkan pada penilaian probability dan impact dari risiko yang sudah teridentifikasi. Penelitian ini juga merancang risk register dan risk response dari risiko yang sudah dianalisis. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi adanya 67 kejadian risiko diantaranya 12 kejadian risiko dari Fabrikasi, 11 kejadian risiko dari Sub-Assembly, 14 kejadian risiko dari Main Panel Line, 14 risiko dari Curve Block Line, dan 16 kejadian risiko dari Erection. Kuisioner disusun untuk mengetahui nilai risiko dengan menggunakan probability impact matrix. Terdapat 6 risiko dengan kategori low, 40 risiko dengan kategori medium, dan 21 risiko dengan kategori high yang menjadi risiko dominan yang berpengaruh terhadap keterlambatan proyek. Kemudian dilanjutkan dengan strategi risk response didapat 48 risiko dengan respon risiko mitigate, termasuk didalamnya 21 risiko dominan dan 19 risiko dengan respon risiko accept.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Wazirotus Sakinah S.Pd., M.T. Pembimbing Anggota Rudianto, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectPerancangan risk registeren_US
dc.subjectRisk Responseen_US
dc.subjectProbability Impact Matrixen_US
dc.titlePerancangan Risk Register dan Risk Response pada Proses Produksi Kapal Baru Menggunakan Probability Impact Matrixen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Konstruksi Perkapalanen_US
dc.identifier.pembimbing1Wazirotus Sakinah S.Pd., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rudianto, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 13 November 2023en_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ulul Azmi_Skripsi.pdf
  Until 2028-10-10
946.67 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools