Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118845
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | AZMI, Ulul | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-28T04:57:28Z | - |
dc.date.available | 2023-11-28T04:57:28Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-05 | - |
dc.identifier.nim | 191910701032 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118845 | - |
dc.description.abstract | Proyek pembangunan kapal baru sering mengalami keterlambatan dari schedule yang sudah direncanakan akibat risiko-risiko yang berpengaruh sehingga proses delivery kapal mengalami kemunduran. Sama halnya dengan proyek pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit di PT. PAL Indonesia, dalam pengerjaannya pembangunan tersebut diketahui mengalami keterlambatan dari perencanaan pembangunan. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis risiko dan pengendalian dalam manajemen risiko proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko operasinal, mengetahui risiko operasional dominan serta melakukan pengendalian terhadap risiko yang terjadi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis risiko operasional pada 5 bagian produksi Hull Construction yaitu Fabrikasi, Sub-Assembly, Main Panel Line, Curve Block Line, dan Erection. Penelitian ini menggunakan metode probability impact matrix yang didasarkan pada penilaian probability dan impact dari risiko yang sudah teridentifikasi. Penelitian ini juga merancang risk register dan risk response dari risiko yang sudah dianalisis. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi adanya 67 kejadian risiko diantaranya 12 kejadian risiko dari Fabrikasi, 11 kejadian risiko dari Sub-Assembly, 14 kejadian risiko dari Main Panel Line, 14 risiko dari Curve Block Line, dan 16 kejadian risiko dari Erection. Kuisioner disusun untuk mengetahui nilai risiko dengan menggunakan probability impact matrix. Terdapat 6 risiko dengan kategori low, 40 risiko dengan kategori medium, dan 21 risiko dengan kategori high yang menjadi risiko dominan yang berpengaruh terhadap keterlambatan proyek. Kemudian dilanjutkan dengan strategi risk response didapat 48 risiko dengan respon risiko mitigate, termasuk didalamnya 21 risiko dominan dan 19 risiko dengan respon risiko accept. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Wazirotus Sakinah S.Pd., M.T. Pembimbing Anggota Rudianto, S.T., M.T. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | Perancangan risk register | en_US |
dc.subject | Risk Response | en_US |
dc.subject | Probability Impact Matrix | en_US |
dc.title | Perancangan Risk Register dan Risk Response pada Proses Produksi Kapal Baru Menggunakan Probability Impact Matrix | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Teknik Konstruksi Perkapalan | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Wazirotus Sakinah S.Pd., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rudianto, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 13 November 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ulul Azmi_Skripsi.pdf Until 2028-10-10 | 946.67 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools