Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118631
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | JAYANTI, Dinda Tri | - |
dc.date.accessioned | 2023-11-07T07:08:39Z | - |
dc.date.available | 2023-11-07T07:08:39Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-21 | - |
dc.identifier.nim | 160210205065 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118631 | - |
dc.description | validasi_repo_firli_oktober_2023_13 Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 November 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan baik dapat berdampak pada hasil belajar siswa dan semua tujuan pembelajaran yang ingin di capai dapat tercapai secara optimal. Keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran salah satunya dapat ditunjang dengan strategi yang tepat yang dilakukan oleh guru dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita Bodang III dikarenakan beberapa alasan. Salah satunya ialah melihat murid di kelompok A sudah hafal dan paham mengenai lambang bilangan dari 1- 20. Dalam memperkenalkan konsep tentang bilangan dan lambang bilangan pada anak usia dini, memerlukan teknik dan stimulus yang tepat bagi anak, dalam berbagai kegiatan yang dilakukan anak harus berdasarkan pada prinsip pembelajaran anak usia dini yaitu belajar sambil bermain. Jadi seluruh kegiatan atau aktivitas dilakukan secara menyenangkan sehingga anak dapat lebih konsentrasi dan tidak mudah merasa bosan dalam belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Strategi Apa Saja Yang Dilakukan Oleh Guru Kelas dalam Mengenalkan Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Bodang III?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Bodang III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatid, dimana penelitian ini dilakukan selama 1 minggu di TK Dharma Wanita Bodang III. Sumber data yang diperoleh dari informasi kunci yaitu kepala sekolah dan guru kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah TK Dharma Wanita Bodang III. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Observasi dilakukan dengan mengamati berbagai kegiatan yang diberikan oleh guru untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pengumpulan data melalui proses wawancara dengan mewawancarai guru kelompok A. Pengumpulan data dokumentasi berupa gambaran umum sekolah, profil sekolah dan guru, jumlah anak kelompok A, proses kegiatan wawancara, kegiatan saat belajar mengajar yang sedang berlangsung dikelompok A. Berdasarkan hasil dari dari penelitian deskriptif kualitatif di TK Dharma Wanita Bodang III dapat disimpulkan bahwa dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak kelompok A guru memiliki beberapa strategi pembelajaran yang digunakan yakni diantaranya pertama metode pembelajaran yang di dalam terdapat beberapa metode yang digunakan yakni metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode pemberian tugas dan metode bermain guru menggunakan beberapa metode dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan agar anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tidak mudah bosan dan anak memiliki semangat lebih dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Kedua yakni sumber pembelajaran, dalam mengenalkan lambang bilangan guru memiliki banyak sumber pembelajaran yang dimiliki diantaranya puzle angka, stiker angka, dan juga balok angka, dan yang ketiga yakni evaluasi dalam kegiatan pembelajaran mengenalkan lambang bilangan pada anak guru melakukan kegiatan evaluasi agar guru dapat mengetahui tingkatan pencapaian anak, apakah anak tersebut sudah benar-benar memahami tentang lambang bilangan atau masih membutuhkan kegiatan lanjutan. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran tidak selalu menggunakan lembar kerja bagi anak karena dapat membuat anak lebih mudah merasa bosan dan sebagai guru harus dapat membuat kegiatan pembelajaran lebih berkreasi dan menyenangkan bagi anak. | en_US |
dc.description.sponsorship | Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Strategi Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Materi Lambang Bilangan | en_US |
dc.subject | Metode Pengajaran | en_US |
dc.subject | Pendidikan Usia Dini | en_US |
dc.title | Strategi Guru dalam Mengenalkan Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Bodang III Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_oktober_2023_13 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dinda Tri (160210205065).pdf Until 2028-06-26 | 1.02 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools