Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118627
Title: Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Tema 8 Subtema 2 Melalui Penerapan Model PJBL (Project Based Learning) Siswa Kelas V SDN Tembokrejo 03 Gumukmas Jember
Authors: VIRANTI, Septinda Wahyu
Keywords: Kreativitas
Hasil Belajar
Project Based Learning
Issue Date: 11-Oct-2023
Publisher: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Dalam era abad ke-21, siswa diharuskan memiiki keahlian dalam berpikir kreatif agar dapat mengatasi berbagai tantangan yang ditemui. Oleh sebab itu, peningkatan kemampuan berpikir kreatif harus menjadi bagian penting dari proses pembelajaran, sihingga sisawa dapat menghasilkan, mengembangkan, atau menciptakan ide-ide dan karya inovatif.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah wawancara, validasi, tes hasil belajar dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitaif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembeajaran PjBL (Project Based Learning) dapat meningkatkan kreativitas siswa dapat ditunjukkan melalui adanya peningkatan rata-rata pada siklus 1 sebesar 61,8% Kemudian terdapat peningkatan pada siklus II sebesar 23,2% menjadi 85% yang termasuk pada kategori sangat kreatif. Kemudian, Penerapan model pembeajaran PjBL (Project Based Learning) pada Tema 8, juga dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Pada tahap prasiklus rata-rata siswa sebesar 57,3. Selanjutnya dilaksanakan tindakan pada siklus 1 meningkat sebanyak 5,8 menjadi 62,7. Selanjutnya dilaksanakan tindakan pada siklus II dan mendapakan peningkatan sebesar 12 menjadi 75,1 yang sudah termasuk pada kategori baik.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118627
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Septinda Wahyu Viranti (190210204146).pdf
  Until 2028-10-11
1.59 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools