Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118588
Title: Pengelolaan Administrasi Pelayanan Keringanan Biaya Pengobatan pada Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk
Authors: MARIA, Ghiza
Keywords: ADMINISTRASI PELAYANAN
KERINGANAN BIAYA PENGOBATAN
DINAS SOSIAL
Issue Date: 22-Jun-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Berdasarkan hasil Praktik Kerja Nyata di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Nganjuk yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Februari sampai 18 April 2023, maka dapat diambil kesimpulan berdasarkan judul laporan PKN sebagai berikut: a. Proses pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan pada Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk dimulai dari tahap pengelolaan pengaduan masyarakat sampai ke tahap terbitnya surat rekomendasi keringanan biaya pengobatan dalam satu tempat. Program ini bertujuan untuk memberikan keringanan biaya pelayanan kesehatan sebesar 50% dari keseluruhan biaya perawatan bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Nganjuk yang tidak mempunyai kartu jaminan kesehatan serta sedang rawat inap di RSUD Nganjuk dan RSUD Kertosono. Dalam pengajuan keringanan biaya pengobatan, pasien harus memenuhi salah satu kriteria penerima keringanan dan melengkapi persyaratan administrasi yang selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk selaku tim verifikasi data pengajuan, dimana rentang waktu penyerahan berkas yaitu 5x24 jam hari kerja sejak pasien masuk ke rumah sakit. Setelah lolos verifikasi, tim verifikator akan menerbitkan surat rekomendasi keringanan dan melampirkan data pendukung lainnya untuk diberikan kepada pasien atau keluarga pasien agar segera diserahkan kepada pihak rumah sakit untuk mendapatkan persetujuan keringanan biaya pengobatan yang pendanaannya bersumber dari APBD Kabupaten Nganjuk. b. Pada pelaksanaan Praktik Kerja Nyata, praktikan membantu pelaksanaan kegiatan pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan dari awal hingga akhir yang dimulai dari tahap pengelolaan pengaduan masyarakat, membantu verifikasi data pengajuan sampai ke tahap penerbitan surat keterangan keringanan biaya pengobatan. Selain itu, praktikan juga mengolah data pengajuan keringanan biaya pengobatan yang sudah terverifikasi untuk keperluan pembuatan database menggunakan program microsoft excel yang isinya mencakup data pasien dalam rentang waktu Agustus 2022 sampai Maret 2023. Selanjutnya praktikan menyajikan data tersebut ke dalam pivot table dan memvisualisasikan dalam bentuk histogram, diagram batang, dan diagram lingkaran untuk keperluan analisis data agar dapat mengetahui perkembangan pelayanan keringanan biaya pengobatan secara bertahap di setiap bulannya. c. Adapun beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan administrasi pelayanan keringanan biaya pengobatan dan tentunya praktikan telah merumuskan alternatif solusi pada permasalahan yang ada. Diantaranya yaitu perlu adanya penambahan komputer dan printer untuk meningkatkan pelayanan dengan responds cepat kepada masyarakat sehingga jangka waktu penyelesaian pelayanan juga lebih cepat terselesaikan. Serta perlu adanya ketegasan kepada LSM agar tidak terus-menerus memanfaatkan program pelayanan keringanan biaya pengobatan. Terakhir bagi staf juga harus lebih selektif dan tegas kepada pemohon agar tertib administrasi sesuai persyaratan.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 November 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118588
Appears in Collections:DP-Sectariat Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Laporan PKN Ghiza Maria (200803103020).pdf
  Until 2028-07-17
6.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.