Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118577
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V Muatan IPS Tema 9 Subtema 2 di SDN Sempusari 01 Jember
Authors: SHOLIKHAH, Siti Mar'atush
Keywords: Model Pembelajaran Penemuan
Model Pembelajaran Discovery
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
HOTS
IPS
Sekolah Dasar
Issue Date: 6-Oct-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SDN Sempusari 01 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V muatan IPS tema 9 subtema 2 di SDN Sempusari 01 Jember. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SDN Sempusari 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukann dengan wawancara dan tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan ganda yang sebelumnnya telah diujikan dan dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data berupa kuantitatif dan analisis data dilakukan menggunakan Independent Sample t-test dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan SPSS 25 diperoleh t_hitung sebesar 4,685. Hasil perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t_tabel pada taraf signifikansi 0,05. Diidapatkan hasil bahwa nilai t_hitung > t_tabel atau 4,685 > 2,056. Maka dapat disimpulkan jika H_a yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V pada muatan IPS tema 9 subtema 2 di SDN Sempusari 01 Jember diterima dan H_0 ditolak.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118577
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPO SKRIPSI_Siti Mar'atush_180210204021.pdf
  Until 2028-10-06
2.3 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools