Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118520
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTAMTAZA, Athiya-
dc.date.accessioned2023-10-31T02:22:27Z-
dc.date.available2023-10-31T02:22:27Z-
dc.date.issued2023-06-14-
dc.identifier.nim190210205064en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118520-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_oktober_2023_11en_US
dc.description.abstractDisiplin memiliki peran penting dalam kehidupan anak. Terdapat beberapa manfaat disiplin jika diajarkan pada anak sejak dini yaitu membuat anak belajar untuk bersikap, menghargai hak orang lain, bertanggung jawab, serta mentaati aturan. Penanaman disiplin untuk anak diberikan dengan cara pembinaan perilaku, baik program dari guru ataupun memberikan penguatan secara spontan yang diberikan sepanjang proses kegiatan pembelajaan. Salah satu cara pembinaan perilaku yaitu dengan memberikan penguatan atau reinforcement. Dari hasil observasi yang telah dilakukan di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember pada kelompok bermain. Guru telah menerapkan teknik reinforcement positive baik secara verbal maupun non verbal pada anak. Tujuan penelitian ini adalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik reinforcement positive terhadap disiplin anak Kelompok Bermain di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto menggunakan analisis regresi linear sederhana. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikan 0,008 < 0,05, maka artinya ada pengaruh variabel penerapan teknik reinforcement positive terhadap variabel disiplin anak kelompok bermain. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya adalah ada pengaruh penerapan teknik reinforcement positive terhadap disiplin anak di kelompok bermain PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Nanik Yuliati, M.Pd. Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectReinforcement Positiveen_US
dc.subjectDisiplinen_US
dc.subjectKelompok Bermainen_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.titlePengaruh Penerapan Teknik Reinforcement Positive Terhadap Disiplin Anak Kelompok Bermain di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_oktober_2023_11en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_10_tanggal 31en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Athiya Tamtaza.pdf
  Until 2028-06-25
2.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools