Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118433
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorARDYATAMA, Rafi-
dc.date.accessioned2023-10-24T03:14:25Z-
dc.date.available2023-10-24T03:14:25Z-
dc.date.issued2023-06-21-
dc.identifier.nim180210204112en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118433-
dc.description.abstractProses pembelajaran dapat diartikan sebagai upaya untuk mencapai perubahan tingkah laku dari hasil pengalaman individu yang ditunjukkan oleh siswa dalam belajar, hal ini tingkat hasil belajar siswa dapat dipengaruhi dalam proses pembelajaran di kelas. Terdapat ketidaksesuaian antara indikator interpersonal dengan siswa, misalnya kurangnya rasa empati terlihat ketika ada siswa yang merasa kesulitan sedangkan teman yang lain tidak membantu. Siswa yang sikap kesadaran diri kurang terlihat ketika guru mengajukan pertanyaan siswa tidak langsung menjawab kecuali ditunjuk. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan penelitian berdasarkan uraian yang telah disampaikan adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Pulo 01 Lumajang tema 1 alat gerak hewan dan manusia. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto yaitu mengambil masalah berdasarkan fakta-fakta yang terjadi sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Pulo 01 Lumajang. Pembelajaran akan dilaksanakan di kelas V SDN Pulo 01 Lumajang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pulo 01 Lumajang yang berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sebelum menyusun kuesioner, terlebih dahulu dibuat kisi-kisi sebagai pedoman dalam menyusun kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis inferensial asosiatif yang diuji dengan korelasi product moment.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKECERDASAN INTERPERSONALen_US
dc.subjectPRESTASI BELAJARen_US
dc.titleHubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Pulo 01 Lumajang Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusiaen_US
dc.title.alternativeHubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajaren_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_oktober_2023_3en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_10_tanggal 24en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar.pdf
  Until 2028-06-21
1.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools