Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118377
Title: Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA SMP
Other Titles: Development E-LKPD Based of Liveworksheet to Improve Student's Critical Thinking Skills in Junior High School Science Learning
Authors: MAULIDINA, Izza Fauziah
Keywords: E-LKPD
LIVEWORKSHEET
BERPIKIR KRITIS
Issue Date: 19-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran yang memiliki karakteristik sangat kompleks dan mengarahkan siswa berpikir kritis dalam melakukan analisis terhadap suatu pembelajaran adalah pembelajaran IPA. Ilmu Pengetahuan Alam adalah proses pembelajaran dalam mempersiapkan peserta didik menguasai teknologi, mampu berpikir kritis, berpikir logis, kreatif, dan komprehensif ketika menyelesaikan masalah secara ilmiah. LKPD eletronik (e-LKPD) mampu menjadi salah satu media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi dimana didalamnya terdapat gambar, video-video, dan animasi menarik lainnya sehinga membantu menarik atensi siswa agar tidak bosan dan berminat dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran menggunakan e-LKPD juga adalah sebuah upaya untuk menjawab tantangan perkembangan abad ke-21 yang berbasis teknologi. Salah satu teknologi yang mampu merubah LKPD cetak menjadi elektronik yaitu website liveworksheet. Liveworksheet dapat mengubah LKPD yang semula dapat dicetak menjadi latihan online interaktif yang sekaligus dapat membantu guru untuk mengoreksi jawaban siswa secara otomatis. E-LKPD berbasis liveworksheet sangat mudah diakses tanpa harus menginstal dan mendaftar aplikasi terlebih dahulu, dapat memberikan video pada lembar kerja dan membuat tampilan dari lembar kerja menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, pembelajaran IPA akan menjadi konsep pembelajaran yang tepat untuk digunakan pengembangan perangkat LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA SMP. Jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yakni teknik analisis data validitas dengan instrumen lembar validasi untuk mengetahui kevalidan produk. Teknik analisis data kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan untuk mengetahui kepraktisan produk yang digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis data efektivitas dengan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan keterampialan berpikir kritis yang diukur menggunakan N gain, serta dengan instrumen angket respon siswa yang telah menggunakan e LKPD berbasis liveworksheet. Hasil dari validitas e-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan instrumen lembar validasi dari perhitungan rata-rata tiga validator menunjukkan bahwa presentase validitas sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari kepraktisan e-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan dilakukan oleh tiga orang observer memperoleh nilai rata-rata 95% dengan kriteria sangat praktis sehingga dapat dinyatakan terlaksana dengan baik. Hasil efektivitas e-LKPD berbasis liveworksheet dilihat dari rata-rata pre-test dan post-test yang menggunakan indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,73 yang termasuk dalam kriteria tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa terhadap e-LKPD mendapat respon yang positif dengan nilai sebesar 89% masuk ke dalam kategori sangat baik
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl. 20 Oktober 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118377
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
IZZA FAUZIAH MAULIDINA_SKRIPSI .pdf
  Until 2028-03-17
3.15 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools