Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118374
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MUSTOFA | - |
dc.date.accessioned | 2023-10-19T23:24:26Z | - |
dc.date.available | 2023-10-19T23:24:26Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-17 | - |
dc.identifier.nim | 190210104089 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118374 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 20 Oktober 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan siswa pengalaman secara langsung, sehingga dapat meningkatkatkan literasi sains. Literasi sains merupakan kunci yang tepat untuk melawan suatu tantangan abad ke 21, karena literasi sains dapat bermanfaat untuk menanggulangi masalah yang terdapat di lingkungan sekitar menggunakan cara dengan menghasilkan produk produk yang bermanfaat. Literasi sains ialah suatu kemampuan seseorang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui konsep sains dengan cara mengaplikasikannya, kemudian juga berguna untuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena ilmiah menurut bukti-bukti ilmiah ilmiah yang ada. Jika dilihat secara garis besar literasi sains yang ada di negara indonesia masih tergolong sangat rendah, pemilihan sumber belajar merupakan salah satu alasan rendahnya literasi sains di indonesia. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan mengembangkan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP). Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP) dapat meningkatkan literasi sains dikarenakan siswa dapat menerapkan pengetahaun dalam konteks yang relevan, mengidentifkasi isu ilmiah, mejelaskan fenomena ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP) pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang tahapannya terdiri dari (Preliminary research), tahap pembuatan prototipe (Prototyping stage), dan yang terakhir fase penilaian (Assessment phase). | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | FLIPBOOK MODUL | en_US |
dc.subject | LITERASI SAINS | en_US |
dc.subject | ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) | en_US |
dc.title | Pengembangan Flipbook Modul Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Aristya Dwi Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MUSTOFA_190210104089.pdf Until 2028-03-17 | 2.39 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools