Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118301
Title: | Hubungan Kebiasaan Pemberian MPASI dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Baduta di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember |
Authors: | SAFITRI, Anisa Istiqomah |
Keywords: | MPASI BADUTA ASI |
Issue Date: | 5-Jun-2023 |
Publisher: | Fakultas Kedokteran |
Abstract: | Usia anak kurun 2 tahun (0-24 bulan) merupakan masa yang berisiko bagi pertumbuhan dan perkembangan apabila tidak diperhatikan dengan tepat. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh beragam faktor diantaranya yaitu faktor nutrisi. Pertumbuhan dan perkembangan yang baik memerlukan nutrisi yang apabila tidak dipenuhi akan mempengaruhi status gizi dan perkembangan anak. Anak mulai usia 6-24 bulan membutuhkan asupan nutrisi tambahan dari makanan pendamping ASI atau yang disebut MPASI. Berdasarkan hasil survey pada anak usia 6-24 bulan di Indonesia kualitas MPASI yang rendah menyebabkan anak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan pemberian MPASI dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia bawah dua tahun (baduta). Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah anak baduta di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Sampel yang didapatkan sebanyak 69 responden yang hadir saat penelitian. Uji analisis yang digunakan adalah uji korelasi spearman. Pada penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara kebiasaan pemberian MPASI dengan pertumbuhan dan perkembangan baduta. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 16 Oktober 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118301 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Medical |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Repository.pdf Until 2028-06-12 | 3 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools