Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118268
Title: | Penggunaan Diksi dalam Grup Facebook Keluh Basah Gamers Toserba dan Implementasinya dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Bahasa Indonesia di SMAN 2 Jember |
Authors: | AZIZ, Muhammad Ulung Azhari |
Keywords: | DIKSI KESOPANAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA |
Issue Date: | 18-Feb-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diksi yang digunakan oleh anggota grup facebook Keluh Basah Gamers Toserba, aspek kesopanan ketika berinteraksi dalam grup, dan implementasi penggunaan diksi tersebut pada pembelajaran teks negosiasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian kualitatif dan pendekatan sosiolinguistik. Data penelitian berupa status dan komentar anggota grup facebook Keluh Basah Gamers Toserba. Berdasarkan analisis data, terdapat penggunaan diksi dalam proses diskusi yang dilakukan oleh anggota Keluh Basah Gamers Toserba. Penggunaan diksinya antara lain pemakaian kata bersinonim dan berhomofon, pemakaian kata bermakna denotasi dan konotasi, pemakaian kata umum dan khusus, pemakaian kata populer dan kata kajian, serta pemakaian kata jargon, slang, dan kata percakapan. Diksi yang digunakan ialah pemakaian kata bersinonim dan berhomofon serta diikuti oleh pemakaian kata umum dan khusus sebagai yang terakhir. Implementasi penggunaan diksi tersebut kedalam teks negosiasi juga dipaparkan pada penelitian ini. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Oktober 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118268 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
repository.pdf Until 2028-06-15 | 1.2 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools