Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/11826
Title: Implementasi Model Children Learning In Science (CLIS) dalam Pembelajaran IPA-Fisika SMP Negeri 1 Glenmore (Studi Pada Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains)
Authors: Amalia Hikmah
Keywords: Children Learning In Science
Issue Date: 24-Dec-2013
Series/Report no.: 080210192008;
Abstract: Pembelajaran IPA-fisika pada hakikatnya terdiri dari tiga aspek penting yaitu proses, produk, dan sikap. Fisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat terlihat secara nyata hingga yang bersifat abstrak. Dengan memperhatikan perkembangan kondisi pembelajaran di SMP, maka dalam pembelajaran di kelas perlu dipelajari tentang pentingnya konsepsi awal dalam pembelajaran IPA-fisika. Untuk itu, maka diperlukan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran fisika dengan harapan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dapat tercipta. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajarIPA-fisika siswa SMP; (2) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dengan model Children Learning In Science (CLIS) dalam pembelajaran fisika di SMP; dan (3) mengkaji hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa menggunakan model CLIS (Children Learning In Science). Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian menggunakan desain Randomized pre-test-post-test control group. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Glenmore. Responden penelitian adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama, digunakan uji t, dengan hasil Hasil yang diperoleh adalah t hitung = 8,143 dan t vii tabel = 2,000, jadi t (8,143 > 2.000) dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu harga pada taraf signifikansi 5 test > t tabel % nilai t hitung > t tabel , maka hipotesis nihil (H viii 0 ) ditolak, (H ) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model Children Learning In Science (CLIS) dalam pembelajaran IPA-fisika di SMP. Untuk menjawab rumusan masalah kedua digunakan persentase keterampilan proses sains siswa, dengan hasil analisis rata-rata keterampilan proses siswa untuk setiap indikator keterampilan proses sains sebesar 83,9%, 98,4%, 88,7%, 71,0%, dan 94,6%. Keterampilan proses sains yang tertinggi adalah melaksanakan eksperimen sedangkan yang terendah adalah mengkomunikasikan. Berdasarkan rata-rata kriteria keterampilan proses sains termasuk dalam kriteria baik, dan untuk menjawab rumusan masalah ketiga digunakan uji korelasi r xy a , dengan hasil analisis yang diperoleh dari perhitungan, harga r xy yang diperoleh adalah 1,245. kemudian harga r dikonsultasikan dengan harga r Karena r tabel xy xy . Pada taraf signifikansi 5% nilai N = 31 mempunyai nilai r (1,245 > 0,355) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar fisika dengan mengimplementasikan model Children Learning In Science (CLIS). > r tabel Berdasarkan hasil dari perhitungan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIC dalam pembelajaran IPAfisika di SMP Negeri 1 Glenmore tahun ajaran 2012/2013 sebesar 8,143; (2) Keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri Glenmore selama pembelajaran dengan model Children Learning In Science (CLIS) untuk setiap indikator dapat digolongkan dalam kriteria baik; (3) Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa dengan hasil belajar IPA-fisika menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) sebesar 1,245.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11826
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Amalia Hikmah - 080210192008_1.pdf391.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools