Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118198
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RISTANTONO, Jonnathan Dio | - |
dc.date.accessioned | 2023-10-09T04:48:03Z | - |
dc.date.available | 2023-10-09T04:48:03Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-19 | - |
dc.identifier.nim | 170210205064 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118198 | - |
dc.description.abstract | Analisis Pola Komunikasi Organisasi TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022; Jonnathan Dio Ristantono; 170210205064, 2022 : 52 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Komunikasi organisasi merupakan pengiriman dan peneriman pesan dalam lingkup suatu organisasi baik secara formal maupun informal. Dengan adanya komunikasi organisasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja guru pengajar di sekolah. komunikasi kepala sekolah terhadap guru memang penting di lakukan dengan baik karena denga terjadinya komunikasi yang baik bisa mengembangkan kemampuan guru, memberikan rasa nyaman di lingkungan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pola Komunikasi Organisasi di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi organisasi di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu kepala sekolah serta sumber data yang diperoleh dari informan pendukung yakni guru di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang dilakukan melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan uji kredibilas yang akan dilakukan adalah perpanjang pengamatan dan triangulasi. Perpanjang pengammatan akan dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri apabila data yang di dibutuhkan masih belum lengkap. Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan Penggunaan bahan referensi untuk memberikan bukti dan menjadi penguat terhadap data yang diperoleh dalam proses penelitian oleh peneliti. Dalam penelitian ini dilengkapi dengan beberapa data yang diberikan berupa foto dari hasil penelitian yang dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri. Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa pola komunikasi yang diterapkan di lembaga sekolah TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri adalah pola komunikasi interpersonal dan kelompok. Dimana komunikasi dilakukan secara langsung melalui beberapa pendekatan yaitu pendekatan secara subjek, pendekatan secara objek dan pendekatan secara emosional. Adapun faktor yang mempengaruhi pola komunikasi ini antara lain yaitu perbedaan struktur wewenang; Kemampuan komunikasi komunikator; Konteks; Bahasa yang digunakan; Wawasan; dan Media yang digunakan dalam berkomunikasi. Hal ini berdampak dapat meningkatkan kinerja personil di atau sumberdaya manusia di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri, dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, dapat menciptakan suasana kekeluargaan dalam sebuah lembaga atau institusi dan komunikasi dapat menjadi probelm solving disetiap permasalahan yang dialami karena dengan komunikasi yang baik dapat diambil sebuah keputusan yang diperoleh melalui musyawarah secara mufakat sehingga permasalahan dapat dipecahkan dengan baik. Sebagai saran untuk kepala sekolah harus bersikap profesional tanpa melihat kondisi emosional yang sedng terjadi terkait dalam komunikasi, untuk guru hendaknya dibekali untuk memahami tentang pola komunikasi dan selalu mengevaluasi bahwa komunikasi ini bertujuan untuk mempermudah mencapai sebuah tujuan yang akan di capai, utnuk lembaga adanya program memberi reward terhadap guru yang berhasil continue dan berskala untuk menjadikan motivasi bagi guru agar bersikap lebih baik dari sebelumnya. | en_US |
dc.description.sponsorship | Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | en | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | POLA KOMUNIKASI ORGANISASI | en_US |
dc.title | Analisis Pola Komunikasi Organisasi dI TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DOC-20230803-WA0044 | 676.41 kB | Unknown | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools