Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118148
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWULANDARI, Sasi Suci-
dc.date.accessioned2023-10-04T07:56:19Z-
dc.date.available2023-10-04T07:56:19Z-
dc.date.issued2023-05-09-
dc.identifier.nim180210301103en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118148-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_21 Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractTeknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang pesat, memudahkan guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran. Hal tersebut juga didukung dengan adanya sarana pendukung seperti laptop, computer, dan smartphone sebagai alat berkomunikasi didalam proses pembelajaran. Alat-alat tersebut sangat dibutuhkan guru dan siswa di dalam proses pembelajaran terlebih lagi adanya jaringan internet yang luas membuat alat elektronik sangat berperan di dalam pembelajaran khususnya pembelajaran jarak jauh. Sekolah juga menerapkan pembelajaran jarak jauh pada saat pandemi Covid-19. Pembelajaran jarak jauh merupakan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student centered learning). Pembelajaran berpusat pada siswa merupakan pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa sehingga guru tidak hanya memberikan materi saja tetapi siswa akan ikut serta dalam mencari sumber pembelajaran dan aktif di dalam kelas. Melalui hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Bondowoso tepatnya di kelas X MIPA mata pelajaran ekonomi, selama pembelajaran berlangsung guru masih menggunakan metode ceramah dan respon siswa terhadap guru hanya sedikit. Selain itu, siswa masih bergantung kepada guru dan siswa masih belum mampu memecahkan masalah pelajaran sendiri. sehingga sikap kemandirian belajar perlu dimiliki oleh setiap siswa di SMA Negeri 2 Bondowoso kelas X MIPA . Oleh karena itu, model hybrid learning dengan bantuan media flipbook menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi masalah tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran hybrid learning berbantuan flipbook terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design . Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 2 Bondowoso yang beralamat di Jalan Letjend Suprapto No. 153, Kelurahan Dabasah, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jumlah responden penelitian yaitu 68 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, tes, wawancara dan dokumen. Uji hipotesis menggunakan uji Independent-Sample T-test. Penerapan model hybrid berbantuan flipbook pada saat proses pembelajaran berjalan dengan lancar dengan beberapa kendala antara lain terdapat siswa yang tidak membawa smartphone, siswa yang tidak memiliki kuota internet dan wi-fi yang tidak memadai. Walaupun memiliki kendala, sebanyak 41,7% dan 38,9% siswa merasa tertarik dan cukup tertarik dengan adanya model hybrid berbantuan media flipbook. Hasil penelitian dapat dilihat dari uji hipotesis yang telah dilakukan dimana variabel kemandirian belajar mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan variabel hasil belajar mempunyai nilai signifikan 0,012 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari dua variabel Y kurang dari 0,05 sehingga disimpulkan bahwa model hybrid learning berbantuan flipbook berpengaruh terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bondowoso pada mata pelajaran ekonomi materi lembaga jasa keuangan. Untuk memaksimalkan pembelajaran berjalan dengan lancar, pihak sekolah seharusnya meningkatkan kualitas fasilitas sekolah yang dapat memperlancar pembelajaran di dalam kelas dengan menambah wi-fi di dekat kelas yang jauh dari pusat jaringan wi-fi.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Sri Kantun, M.Ed Dosen Pembimbing anggota : Tiara, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHybrid Learningen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Ekonomien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Flipbook terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Kantun, M.Eden_US
dc.identifier.pembimbing2Tiara, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_21en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sasi Suci Wulandari_180210301103.pdf
  Until 2028-06-19
833.55 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools