Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118132
Title: Identifikasi Historical Empathy Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Tanggul
Authors: APRILIA, Kartika
Keywords: HISTORICAL EMPATHY
Issue Date: 9-May-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Empati sejarah termasuk dalam konsep pemikiran sejarah, dimana dalam kurikulum merdeka pemikiran sejarah telah diatur sebagai hasil dari proses tersebut, sehingga mengukur tingkat empati sejarah siswa sangat penting untuk memantau pencapaian tujuan pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat empati sejarah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tanggul yang berjumlah 102 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 15 item, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menunjukkan bahwa semua item valid. Uji reliabilitas menunjukkan instrumen tersebut reliabel. Analisis data yang digunakan adalah interpretasi skor mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat empati sejarah siswa berada pada tingkat 'sedang' (mean 3,36252). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan empati sejarah siswa muncul namun hanya sebatas pemahaman dasar.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Oktober 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118132
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
KARTIKA APRILIA_170210302085 (WATERMARK).pdf
  Until 2028-05-09
1.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools