Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118128
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAZIZAH, Muftihatul-
dc.date.accessioned2023-10-03T09:43:06Z-
dc.date.available2023-10-03T09:43:06Z-
dc.date.issued2023-07-31-
dc.date.submitted
dc.identifier.nim200220101028en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118128-
dc.description.abstractLiterasi matematika sebagai bagian dari Asesmen Kompetensi Minimal, menjadikan literasi matematika sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa di Indonesia. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Rendahnya literasi matematika dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi matematika siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis literasi matematika yang valid, praktis, dan efektif. Tahapan pengembangan model pembelajaran berbasis literasi matematika terdiri atas: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap prototyping yang meliputi tahap desain produk, evaluasi dan revisi, dan (3) tahap penilaian. Kualitas model pembelajaran berbasis literasi matematika mengacu pada kriteria kualitas menurut Nieveen yang meliputi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pembelajaran berbasis literasi matematika diujicobakan di MTs Negeri 10 Banyuwangi dengan melibatkan 24 siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari (1) instrumen penilaian validitas komponen model, alat penunjang pembelajaran, dan instrumen penelitian yang digunakan, (2) instrumen penilaian praktikalitas yang terdiri dari lembar penilaian praktikalitas dari para ahli dan angket apresiasi siswa. untuk model pembelajaran matematika berbasis literasi matematika, dan (3) instrumen efektivitas yang terdiri dari lembar penilaian efektivitas dari ahli dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis literasi matematika yang meliputi tujuan pembelajaran, sintaksis atau langkah pembelajaran, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung dan dampak instruksional dan pengiring, beserta alat pendukung pembelajaran telah memenuhi valid, praktis, dan valid. dan kriteria efektif.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Prof. Dr. Sunardi, M.Pd. Pembimbing Anggota : Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan Model Pembelajaranen_US
dc.subjectLiterasi Matematikaen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Matematikaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sunardi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 Oktober 2023en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_10_tanggal 03en_US
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
200220101028_Muftihatul Azizah.pdf
  Until 2028-10-03
4.46 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.