Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118102
Title: Analisis Konstruksi Celaan Fisik (Body Shaming) pada Perempuan dalam Film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan
Authors: MUSTAFA, Moch. Turdi
Keywords: Konstruksi Celaan Fisik
Perempuan
Film Imperfect
Karir, Cinta & Timbagan
Issue Date: 26-Jul-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Budaya
Abstract: Celaan fisik merupakan tindakan mengomentari atau mengkritik secara negatif bentuk tubuh seseorang sehingga terkesan menghina, mengejek atau merundung. Dewasa ini, penggambaran celaan fisik banyak digambarkan dalam karya sastra, seperti film, buku cerita dan novel, sebagai bentuk kritik terhadap tindakan celaan fisik yang dianggap lumrah oleh masyarakat. Salah satu film yang memperlihatkan tindakan celaan fisik adalah film Imperfect; Karir, Cinta & Timbangan. Hal ini menunjukkan bahwa celaan fisik merupakan tindakan yang menarik untuk diteliti, karena merupakan tindakan yang disalah namun dimaklumi. dapat diteliti untuk Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengungkap bentuk tindakan celaan fisik dalam film Imperfect; Karir, Cinta & Timbangan dengan menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana tindakan celaan fisik dikonstruksi. Terakhir, penelitian berusaha menemukan alasan mengangkat persoalan celaan fisik dalam film tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif-desktiptif. Wujud data merupakan kata, frasa, dan klausa yang mengandung tindakan celaan fisik. Data tersebut diambil dari teks film Imperfect; Karir, Cinta & Timbangan yang sudah ditranskripsi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik simak dan catat. Setelah itu, data diurutkan berdasarkan bentuk celaan fisik dan ditabulasi dalam tabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kirits model Norman Fairclough yang memiliki tiga tahapan, yaitu tahapan analisis teks, analisis diskursif, dan analisis praktik sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan ada 15 data celaan fisik pada film Imperfect; Karir, Cinta & Timbangan. Adapun bentuk celaan fisik yang ditemukan diklafisikan menjadi tiga, yaitu bentuk celaan fisik dengan membandingkan, menghina dan mengomentari. Data tersebut dianalisis berdasarkan pilihan kosakata dan gabungan kata yang menunjukkan tindakan celaan fisik. Dalam bentuk membandingkan, perbandingan celaan fisik dilakukan terhadap bentuk tubuh dan warna kulit. Selain itu, bentuk celaan fisik dilakukan dengan mengomentari pola makan, bentuk tubuh, dan penampilan. Selanjutnya, bentuk celaan fisik dilakukan dengan menghina penampilan, bentuk tubuh, anggota tubuh dan warna kulit. Selanjutnya teks celaan fisik tersebut dikonstruksi berbentuk visualisasi gambar bergerak atau film yang selalu menggambarkan pelaku celaan fisik dan korban celaan fisik dengan genre komedi dan romansa. Film tersebut diproduksi oleh Ernest Prakasa yang berkolaborasi dengan PT Kharisma Starvision Plus. Teks celaan fisik tersebut secara umum dikonstruksi untuk masyarakat dan secara khusus dikonstruksi untuk orang tua, wanita karir, dan kaum millennial. Adapun alasan film tersebut mengangkat persoalan celaan fisik dilatarbelakangi oleh persoalan ekonomi, budaya dan ideologi. Aspek ekonomi merupakan alasan pertama, karena setiap produksi film tentunya memiliki nilai ekonomi. Kedua, dinamika sosial yang ada dimasyarakat menggambarkan bahwa celaan fisik sangat lumrah dilakukan walaupun memiliki dampak yang buruk. Oleh karena itu, film tersebut diharapkan menjadi bahan kritik terhadap tindakan celaan fisik. Selain itu, ada ideologi yang diperjuangkan oleh produser film, yaitu mindset masyarakat terhadap maksud dari pola hidup yang sehat dan bentuk tubuh yang ideal.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118102
Appears in Collections:MT-Linguistic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc (1).pdf
  Until 2028-08-25
1.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.