Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118080
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ARIEF, Bagastian | - |
dc.date.accessioned | 2023-10-02T03:49:40Z | - |
dc.date.available | 2023-10-02T03:49:40Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-19 | - |
dc.identifier.nim | 181910701029 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118080 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 2 Oktober 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Indonesia merupakan negara dengan banyak kepulauan atau disebut negara maritim, tentunya sistem transportasi laut menjadi unsur terpenting guna sebagai sarana mobilitas yang efektif, efisien, dan aman. Kapal laut adalah salah satu jenis moda transportasi antar pulau untuk mengangkut barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain. Jalur pelayaran Ketapang – Gilimanuk merupakan sarana transportasi penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Bali dengan jarak 2,3 nautical mile. Banyak dijumpai bahwasanya kapal yang berlayar di Selat Bali bukan kapal spesifik yang beroperasi di kondisi perairan disana. Kondisi perairan yang disebut adalah batimetri atau kedalaman laut, data batimetri befrungsi sebagai penunjang bahwa sarat air kapal disesuaikan dengan kedalaman laut. Ironisnya banyak kecelakaan kapal di daerah pelayaran tersebut, seperti terbalik karena kelebihan muatan jadi kapal tidak stabil, kapal kandas dikarenakan sarat air tidak memenuhi, kebakaran karena sistem fire plan tidak memenuhi syarat SOLAS (Safety of Life at Sea) dan masih banyak lagi. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian tentang desain kapal yang optimal di daerah pelayaran Ketapang – Gilimanuk. Ukuran utama pada kapal ini meliputi, length between perpendicular (Lpp) 51 meter, breadth (B) 9 meter, height (H) 3,5 meter, draught 2,5 meter, dan speed (Vs) 16,5 knot. Peneliti melakukan 2 tahapan analisis yaitu analisis hambatan (resistance) dan analisis stabilitas, kedua tahapan analisis ini menggunakan software khusus pengujian hambatan dan stabilitas. Analisis hambatan menggunakan metode holltrop (monohull), kecepatan dinas 16,5 knot dan dengan efisiensi 62%, diperoleh nilai holltrop power sebesar 2.488,212 kW dan holltrop resistance sebesar 181,7 kN.Analisis kedua yaitu analisis stabilitas dengan mengacu regulasi Intact Stability (IS) Code Reg. III/3.1. Analisis ini dilakukan 3 variasi kondisi pemuatan (loadcase), yaitu bahan bakar penuh, penumpang penuh dan jumlah penumpang penuh. Hasil dari analisis stabilitas untuk loadcase (1), nilai dari e 0o – 30o sebesar 6,1529 m.deg, e 0o – 40o sebesar 10,3461 m.deg, e 30o – 40o sebesar 4,1932 m.deg, GZ 30o sebesar 0,445 meter, Ѳ Max sebesar 31,8 deg, GMo sebesar 0,631 meter, pass crowd sebesar 2,7 deg, turning angle 1,6 deg. Hasil dari analisis stabilitas untuk loadcase (2), nilai dari e 0o – 30o sebesar 16,9299 m.deg, e 0o – 40o sebesar 28,4166 e 30o – 40o sebesar 11,4866 m.deg, GZ 30o sebesar 1,169 meter, Ѳ Max sebesar 37,3 deg, GMo sebesar 2,065 meter, pass crowd sebesar 0,3 deg, turning angle 0,4 deg. Hasil dari analisis stabilitas untuk loadcase (3), nilai dari e 0o – 30o sebesar 9,1220 m.deg, e 0o – 40o sebesar 15,6091 m.deg, e 30o – 40o sebesar 6,4871 m.deg, GZ 30o sebesar 0,664 meter, Ѳ Max sebesar 33,6 deg, GMo sebesar 1 meter, pass crowd sebesar 3,3 deg, turning angle 0,9 deg. Nilai dari analisis stabilitas tersebut memenuhi semua kriteria di regulasi Intact Stability (IS) Code Reg. III/3.1. Desain kapal pada penelitian ini berupa rencana garis (lines plan), rancangan umum (general arrangement), perencanaan keselamatan (safety and fire plan), desain interior, dan desain 3 dimensi. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Rudianto., S. T., M.T. Dosen Pembimbing Anggota : Wazirotus Sakinah,. S. Pd., M. T. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | Desain Kapal Ro-Ro (Roll On–Roll Off) | en_US |
dc.subject | Sarana Transportasi | en_US |
dc.subject | Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk | en_US |
dc.title | Desain Kapal Ro-Ro (Roll On-Roll Off) sebagai Sarana Transportasi Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Teknik Konstruksi Perkapalan | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Rudianto, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Wazirotus Sakinah, S.Pd., M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 7 Juli 2023 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2028-07-07 | 4.52 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools