Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117873
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWATI, Vera Dewi Purnama-
dc.date.accessioned2023-09-12T22:28:17Z-
dc.date.available2023-09-12T22:28:17Z-
dc.date.issued2023-06-22-
dc.identifier.nim190210204039en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117873-
dc.descriptionFinalisasi repositori 13 September 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractSiswa kesulitan untuk aktif dan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, sehingga hasil belajar siswa kurang dari KKM. Selain itu, siswa kesulitan dalam membedakan antara bangun ruang kubus dan balok tanpa kegiatan mengamati terlebih dahulu serta siswa kesulitan dalam mengoperasikan rumus. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan saintifik untuk menunjang proses pembelajaran agar siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimental semu dengan pola non-equivalen control group design. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran menunjukkan lebih efektif yaitu sebesar 56,79% bagian dari hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok yang dipengaruhi oleh pendekatan saintifik, sedangkan sebesar 43,21% bagian dari hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok dipengaruhi oleh faktor lain, selain pendekatan saintifik. Faktor tersebut secara teoritis adalah mencakup faktor eksternal dan internal. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah ada pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. M Sulthon Masyhud, M.Pd., Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendekatan Saintifiken_US
dc.subjectBerpikir kritisen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juli_2023_13en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Vera_190210204039_FKIP_PGSD.pdf
  Until 2028-07-05
3.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools