Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117824
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNISA, Ila Kamila-
dc.date.accessioned2023-09-11T06:02:38Z-
dc.date.available2023-09-11T06:02:38Z-
dc.date.issued2023-07-11-
dc.identifier.nim190210104017en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117824-
dc.description.abstractAbad 21, di era revolusi 4.0 ini, Kemendikbud menyusun paradigma pembelajaran yang berisikan bahwasanya peserta didik diharapkan untuk mampu mengembangkan kemampuannya yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Namun, selain adanya tuntutan tersebut dalam pembelajaran juga ditekankan untuk mampu membuat membuat siswa melaksanakan aktivitas belajar dengan baik. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif IPA berbasis Nearpod. Tujuan penelitian ini adalah untuk mederkripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif IPA berbasis Nearpod untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subyek Penelitian adalah siswa kelas VII-B MTsN 10 Jember. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; Hasil validasi dari tiga validator ialah 92,13% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan pada lembar keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan nilai persentase sebesar 93,23 % dengan kriteria sangat baik. Hasil efektifitas media untuk meningkatkan aktivitas belajar adalah efektif karena terdapat peningkatan presentase pada setiap pertemuan dan memiliki rata-rata sebesar 84,47% yang termasuk kedalam kriteria sangat aktif. Kefektifan media untuk meingkatkan kemampuan berpikir kritis adalah masuk kriteria efektif karena lebih dari 75% siswa memiliki kriteria peningkatan sedang atau tinggi. Selanjutnya keefektifan media berdasarkan respon siswa mendapatkan rata-rata sebesar 84,06% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAaktivitas belajaren_US
dc.subjectkemampuan berpikir kritisen_US
dc.subjectmedia pembelajaran berbasis nearpoden_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Nearpod untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ILA KAMILATUN NISA_190210104017_SKRIPSI.pdf
  Until 2028-09-06
2.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools