Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117815
Title: | Pengaruh Pemanfaatan Media Videoscribe Pada Pembelajaran IPA Materi Tata Surya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMP |
Authors: | SARI, Siti Nur Indah |
Keywords: | keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPA Media videoscribe |
Issue Date: | 27-Jun-2023 |
Publisher: | fakultas keguruan dan ilmu pendidikan |
Abstract: | Pengaruh Media Videoscribe Pada Pembelajaran Ipa Materi Tata Surya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media videoscribe terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA pada materi klasifikasi Tata Surya. Jenis penelitian ini memiliki desain eksperimen semu yang menggunakan survei pre-test dan post-test. Sampelnya adalah Kelas VII SMPN 2 Cluring yang memiliki 2 kelas sampel yaitu Kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Pada pembelajaran eksperimen digunakan perekam video, sedangkan pada pembelajaran kontrol digunakan perekam video tradisional. Cara mengumpulkan data berupa tes, observasi dan wawancara. Independent Sample T-test, yang umumnya didistribusikan oleh aplikasi SPSS, digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media videoscribe berdampak pada berpikir kritis siswa SMP pada materi tata surya. Media yang menarik berupa video, animasi, gambar dan suara yang memotivasi siswa agar kemampuan berpikir kritis lebih baik. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117815 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi full cover.pdf Until 2028-07-14 | 1.12 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools