Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117766
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Media Kartu Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi
Authors: JANUARIZKI, Chaliza Dini
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
THINK TALK WRITE
KETERAMPILAN MENULIS
PEMBELAJARAN BAHASA
Issue Date: 19-May-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran Bahasa di SD perlu diberikan sebagai penunjang keberhasilan siswa mempelajari bidang studi lainnya. Peranan bahasa bagi siswa diantaranya dapat melakukan komunikasi dalam pembelajaran khususnya keterampilan menulis. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas IV tanggal 11 Oktober 2022 di SDN 4 Sumberberas, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi diketahui bahwa siswa masih kurang mampu dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk membuat ide dan gagasan dalam bentuk tulis. Siswa cenderung kesulitan tentang apa yang hendak ditulis. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan permasalahan yang ada, misalnya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Pengertian model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang secara umum menghendaki terbentuknya siswa belajar secara berkelompok. Terdapat tiga tahapan penting dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write yaitu berpikir, berbicara, dan menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “adakah pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi?” Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu dengan cara memberikan perlakuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel yang digunakan ialah kelas IV 1 dan IV 2 SDN 4 Sumberberas Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes kinerja, validasi data, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah independent sample t-test. Hasil perhitungan independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 yang diperoleh adalah sebesar 4,087 sedangkan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,003. Jika kedua nilai ini dibandingkan maka didapat 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sehingga dapat diputuskan bahwa hipotesis penelitian diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi. Saran dalam penelitian ini, sebaiknya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dikreasikan dengan media pembelajaran dan mata pelajaran yang berbeda agar menghasilkan penelitian lebih luas.
Description: validasi_repo_firli_agustus_2023_15;Finalisasi oleh Taufik Tgl 30 Agustus 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117766
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Chaliza Dijee.pdf
  Until 2028-05-19
637.2 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools