Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117752
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PRATAMA, Riezal Ari | - |
dc.date.accessioned | 2023-08-29T22:37:11Z | - |
dc.date.available | 2023-08-29T22:37:11Z | - |
dc.date.issued | 2023-05-17 | - |
dc.identifier.nim | 170210101153 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117752 | - |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 30 Agustus 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Permasalahan umum yang sering dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika adalah terpakunya siswa pada rumus matematika yang membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses, hasil, dan kualitas pengembangan paket tes open-ended problem pokok bahasan koordinat kartesius untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan yang bersifat deskriptif atau model pengembangan prosedural. Produk yang dikembangkan berupa paket tes Open-Ended Problem pokok bahasan koordinat kartesius untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan four-D. Pada penelitian ini dilakukan analisis validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda. Pada penelitian ini dilakukan uji coba kepada siswa kelas VIII. Hasil pengembangan menunjukan paket tes dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,712 untuk paket tes A, dan valid dengan reliabilitas 0,758 untuk paket tes B. Soal uraian paket tes A dan B yang terdiri dari 4 butir soal untuk masing-masing paket tes merupakan soal yang valid dan reliabel. Kualitas pengembangan menunjukan bahwa paket tes valid dan reliabel dengan nilai lebih dari 0,400 hingga 1,00 dan memiliki tingkat kesukaran lebih dari 0,15 hingga 0,85 serta memiliki kemampuan daya pembeda dengan hasil lebih dari 0,19. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Drs. Toto’ Bara Setiawan, M.Si. Dosen Pembimbing Pendamping : Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.subject | Paket Tes | en_US |
dc.subject | Open-Ended Problem | en_US |
dc.subject | Berpikir Kreatif | en_US |
dc.title | Pengembangan Paket Tes Open-Ended Problem Pokok Bahasan Koordinat Kartesius untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Toto' Bara Setiawan, M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_juli_2023_10 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Riezal Ari Pratama-170210101153.pdf Until 2028-06-26 | 907.73 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools