Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117752
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRATAMA, Riezal Ari-
dc.date.accessioned2023-08-29T22:37:11Z-
dc.date.available2023-08-29T22:37:11Z-
dc.date.issued2023-05-17-
dc.identifier.nim170210101153en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117752-
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 30 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPermasalahan umum yang sering dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika adalah terpakunya siswa pada rumus matematika yang membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses, hasil, dan kualitas pengembangan paket tes open-ended problem pokok bahasan koordinat kartesius untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan yang bersifat deskriptif atau model pengembangan prosedural. Produk yang dikembangkan berupa paket tes Open-Ended Problem pokok bahasan koordinat kartesius untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan four-D. Pada penelitian ini dilakukan analisis validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda. Pada penelitian ini dilakukan uji coba kepada siswa kelas VIII. Hasil pengembangan menunjukan paket tes dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,712 untuk paket tes A, dan valid dengan reliabilitas 0,758 untuk paket tes B. Soal uraian paket tes A dan B yang terdiri dari 4 butir soal untuk masing-masing paket tes merupakan soal yang valid dan reliabel. Kualitas pengembangan menunjukan bahwa paket tes valid dan reliabel dengan nilai lebih dari 0,400 hingga 1,00 dan memiliki tingkat kesukaran lebih dari 0,15 hingga 0,85 serta memiliki kemampuan daya pembeda dengan hasil lebih dari 0,19.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Toto’ Bara Setiawan, M.Si. Dosen Pembimbing Pendamping : Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectPaket Tesen_US
dc.subjectOpen-Ended Problemen_US
dc.subjectBerpikir Kreatifen_US
dc.titlePengembangan Paket Tes Open-Ended Problem Pokok Bahasan Koordinat Kartesius untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Toto' Bara Setiawan, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juli_2023_10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riezal Ari Pratama-170210101153.pdf
  Until 2028-06-26
907.73 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools