Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117656
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NEGARA, Larasati Puspa | - |
dc.date.accessioned | 2023-08-21T22:09:40Z | - |
dc.date.available | 2023-08-21T22:09:40Z | - |
dc.date.issued | 2023-05-29 | - |
dc.identifier.nim | 170210303031 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117656 | - |
dc.description | validasi_repo_firli_juni_2023_23 Finalisasi repositori 22 Agustus 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Model pembelajaran terus berkembang seiring berjalannya waktu guna mendapatkan hasil yang diharapkan. Perkembangan dalam dunia pendidikan membuat kita dapat lebih dewasa dan memiliki dampak positif dengan adanya pendidikan utamanya dalam kemampuan berpikir, keterampilan, kemampuan mental dan sebagainya. Penggunakan model pembelajaran yang tepat pada pendidikan akan berdampak positif bagi generasi baru dan pendidikan mempersiapkan generasi yang baik untuk negara. Oleh karena itu, pendidik harus memiliki kesabaran dan ketekunan saat mengajar. Seorang pendidik harus memiliki prinsip dan teori sebagai pondasi kesuksesan belajar siswa. Model pembelajaran yang baru tentu dapat menjadi teknik baru bagi pengajar dalam menyampaikan materi dan dapat lebih dekat memahami karakter siswa. Penggunaan metode yang sesuai dalam proses pembelajaran dapat mempermudah melihat potensi siswa dalam belajar dan mengerti metode apa yang baik digunakan dalam penyampaian materi. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini ialah Real Quest Outdoor Learning (ReQOL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen yang telah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan uji homogenitas pada nilai ujian sebelumnya. Dari uji homogenitas tersebut, didapat Kelas X IPA 7 menjadi kelas kontrol dan kelas X IPA 8 menjadi kelas eksperimen. Model pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen ialah model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru kelas. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi (quasi-experimental) dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Kegiatan Post-test yang dilakukan pada akhir pertemuan untuk kemampuan pemecahan masalah memiliki kriteria tertentu. Penilaian posttest hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen menggnakan pilihan ganda dengan jumlah 10 butir soal dan penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol dan eskperimen menggunakan jumlah butir yang sama, yakni 5 soal dengan materi “Dinamika Hidrosfer”. Setelah mendapat skor posttest kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar, berikutnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Kolmogorav Samirnov. Pada kemampuan pemecahan masalah menunjukkan angka 0,56 untuk kelas eksperimen dan 0,78 untuk kelas kontrol Pada hasil belajar hasilnya menunjukkan angka >0,054 untuk kelas eksperimen dan >0,056 untuk kelas kontrol. Angka tersebut lebih dari >0,05, yang artinya data tersebut terdistribusi dengan normal. Selanjutnya dilanjutkan dengan uji T-test. Uji ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji tersebut, didapat angka 0,00 yang kurang dari <0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Kesimpulan pada penelitian ini ialah, penggunaan model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M. Si Dosen Pembimbing Anggota : Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN REQOL | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN GEOGRAFI | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQol) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sri Astutik, M. Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_juni_2023_23 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Larasati Puspa Negara_170210303031.pdf Until 2028-06-05 | 2.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools