Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117652
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSALSABILLA, Avindi Dewi-
dc.date.accessioned2023-08-21T22:02:11Z-
dc.date.available2023-08-21T22:02:11Z-
dc.date.issued2022-12-06-
dc.identifier.nim190210303037en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117652-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_22 Finalisasi repositori 22 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran geografi kelas X memiliki banyak informasi yang perlu disajikan, akan tetapi terlalu sedikit waktu yang disediakan. Penyajian dan penyampaian informasi dalam pembelajaran terkadang kurang bermakna dan menuntut peserta didik untuk menghafal konsep-konsep pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa geografi SMA. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penetapan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan cluster random slamping yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS versi 25, dengan hasil berdistribusi homogen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Kedua kelas penelitian tersebut sama-sama diberikan materi Seisme dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan, untuk kelas eksperimen menggunakan model contextual teaching and learning dan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data keterampilan berpikir kreatif, analisis data hasil belajar, uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model CTL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa geografi SMA berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test bahwa nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M. Si. Dosen Pembimbing Anggota : Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGen_US
dc.subjectGEOGRAFIen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.titlePengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Geografi SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Elan Artono Nurdin,S.Pd.,M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_22en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY_SKRIPSI_VINDI.pdf
  Until 2028-06-21
3.85 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools