Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117553
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FATONI, Yusril Achmad | - |
dc.date.accessioned | 2023-08-09T05:01:22Z | - |
dc.date.available | 2023-08-09T05:01:22Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-03 | - |
dc.identifier.nim | 210220101011 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117553 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan dasar untuk memajukan pola pikir setiap individu sehingga sangat penting dalam kemajuan suatu negara. Hal ini dikarenakan pendidikan berkaitan erat dengan kebudayaan. Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, pendidikan nasional memiliki tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Perkembangan pendidikan di Indonesia sudah berkembang dengan pesat. Penelitian pengembangan pada penelitian ini mengacu terhadap model Thiagarajan (4D) yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate) Buku Ajar dengan nilai kevalidan 3,4 dengan prosentase 86%. Kemudian dilakukan uji coba untuk menilai kepraktisan perangkat dan didapatkan nilai 3,78 dengan prosentase 94,42%. Selain itu, dilakukan analisis aktivitas mahasiswa dan hasil respon mahasiswa untuk menguji keefektifan perangkat. Persentase aktivitas mahasiswa sebesar 94,42% dan termasuk dalam mahasiswa yang memenuhi kriteria sangat aktif, serta analisis hasil respon mahasiswa menunjukkan item pernyataan tentang pemahaman soal yang terdapat pada Buku Ajar mendapat respon positif tertinggi dengan persentase 95,19% Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar tergolong dalam buku ajar yang efektif. | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. Sunardi, M.Pd. Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Buku Ajar | en_US |
dc.subject | Geometri | en_US |
dc.subject | Etnomatematika | en_US |
dc.title | Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Aktivitas Petani Kopi di Kabupaten Jember pada Materi Geometri | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Magister Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sunardi, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Yusril Achmad Fatoni - 210220101011.pdf | 28.63 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.