Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117514
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorROYANI, Amelia-
dc.date.accessioned2023-08-08T02:31:45Z-
dc.date.available2023-08-08T02:31:45Z-
dc.date.issued2023-05-24-
dc.identifier.nim190201204083en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117514-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.description.abstractIlmu pengetahuan sosial (IPS) adalah salah satu muatan materi dalam K-13 di SD yang diintergrasikan dalam tematik. Materi IPS SD meliputi kemampuan memahami fakta, isu, dan generalisasi. IPS SD bertujuan supaya peserta didik dapat mengenali permasalahan yang berkenaan dengan kondisi sosial masyarakat. Pembelajaran konkret diterapkan melalui pemanfaatan lingkungan atau keadaan sekitar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Randuputih I dan II Probolinggo, guru belum menggunakan bahan ajar dengan materi kearifan dan potensi lokal daerah. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang konkret diperlukan bahan ajar yang memuat kondisi di lingkungan sekitar peserta didik. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan jenis Borg and Gall. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan produk, memvalidasi dan mengertahui kepraktisan produk. Produk pengembangan pada penelitian ini adalah modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Probolinggo pada tema 6 subtema 1 untuk kelas V. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Randuputih I dan II Probolinggo. Berdasarkan validasi produk diperoleh skor 90% termasuk kriteria sangat layak. Keefektifan produk sebesar 55,65% termasuk dalam keefektifan sedang. Kepraktisan produk berdasarkan analisis angket respon peserta didik memperoleh skor 89% termasuk dalam kategori sangat efektif. Hal ini menunjukkan, modul pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODUL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectKURIKULUM 2013en_US
dc.subjectKEARIFAN LOKALen_US
dc.subjectBAHAN AJARen_US
dc.titlePengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Probolinggo pada Tema 6 Subtema 1 untuk Kelas V SDN Randuputih II Kabupaten Probolinggoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_08_tanggal 08en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AMELIA SKRIPSI REPOSITORY.pdf
  Until 2028-07-06
6.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools