Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117511
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAShH. SHIDDIEQIEY, Moh. Nu’man-
dc.date.accessioned2023-08-07T08:29:45Z-
dc.date.available2023-08-07T08:29:45Z-
dc.date.issued2023-05-
dc.identifier.nim190210104071en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117511-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran yang memiliki karakteristik sangat kompleks dan mengarahkan siswa beorientasi pada HOTS dalam melakukan analisis terhadap suatu pembelajaran adalah pembelajaran IPA. Ilmu Pengetahuan Alam adalah proses pembelajaran dalam mempersiapkan peserta didik menguasai teknologi, mampu berpikir kritis, berpikir logis, kreatif, dan komprehensif ketika menyelesaikan masalah secara ilmiah. Namun pada faktanya siswa Indonesia belum mampu untuk menguasai konsep dengan baik dan kemampuan bernalar siswa masih rendah, maka dari itu sangatlah penting peserta didik memiliki kemampuan pemahaman yang mengacu pada HOTS dalam mengembangkan kualitas kehidupan serta pendidikan di Indonesia terutama pada pembelajaran IPA. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis dikarenakan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan bahan ajar yang menyebabkan peserta didik menjadi cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Upaya yang saat ini mampu dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan rendahnya HOTS siswa adalah dengan cara mengembangkan bahan ajar berbasis Android. Penggunaan dari bahan ajar berbasis Android dapat meningkatkan HOTS siswa karena dapat memicu pengaruh yang cukup signifikan terhadap aktivitas siswa dalam belajar. Pembelajaran dengan menggunakan HOTS mampu mendorong keproduktifitasan khusunya pada tingkatan C-4 sampai C-6 siswa. Penerapan teknologi Android juga menambah kepraktisan dan fleksibilitas dalam penggunaannya. Berdasarkan uraian diatas untuk meningkatkan HOTS siswa diperlukan adanya pengembangan bahan ajar berbasis Android untuk meningkatkan HOTS siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan bahan ajar berbasis Android untuk meningkatkan HOTS siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yaitu teknik analisa data validitas dengan instrumen lembar validitas untuk menentukan kevalidan dari suatu produk, teknik analisa data kepraktisan dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan untuk menentukan kepraktisan produk yang digunakan dalam proses pembelajaran, teknik analisa data efektivitas dengan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan HOTS yang diukur menggunakan N-gain, serta dengan instrumen angket respon siswa untuk mengetahui efektivitas produk berdasarkan tanggapan dari siswa yang telah menggunakan bahan ajar berbasis Android. Hasil validitas bahan ajar berbasis Android untuk meningkatkan HOTS siswa pada pembelajaran IPA di SMP mencapai rata-rata validitas sebesar 97% dari tiga validator termasuk dalam kriteria sangat valid pada berbagai aspeknya. Hasil kepraktisan bahan ajar berbasis Android untuk meningkatkan HOTS siswa pada pembelajaran IPA di SMP mencapai rata-rata kepraktisan sebesar 96% dari tiga observer dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas bahan ajar berbasis Android untuk meningkatkan HOTS siswa pada pembelajaran IPA di SMP mencapai N-gain dengan hasil pre-test dan juga post-test sebesar 0,78 dengan kategori tinggi dan pada angket siswa mencapai rerata skor sebesar 93% dengan kategori yaitu sangat baik. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Android untuk meningkatkan HOTS siswa pada pembelajaran IPA di SMP menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan HOTS siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBAHAN AJARen_US
dc.subjectANDROIDen_US
dc.subjectHIGHER ORDER THINGKING SKILLSen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbasis Android untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa pada Pembelajaran IPA di SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rusdianto, S. Pd., M. Kes.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_juni_2023_22en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID.pdf
  Until 2028-02-07
2.53 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools