Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117475
Title: Pengembangan dan Implementasi Buku Ajar IPA berbasis STEM Terintegrasi dan Potensi Lokal Agroekosistem Kopi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP
Authors: AZIS, Mohammad Abdul
Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN
BUKU AJAR
PEMBELAJARAN IPA
STEM EDUCATION
Issue Date: 27-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kabupaten Jember menjadi penghasil komoditas kopi terbesar dan terbaik di Indonesia khususnya di kopi robusta. Namun semakin berjalannya waktu produksi kopi di Kabupaten Jember tampak semakin menurun, menurunnya produktivitas kopi di Kabupaten Jember dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) luas lahan semakin sempit, 2) jumlah petani kopi menurun, 3) keberlanjutan profesi petani kopi rendah. Mengikuti Peraturan Pemerintah UU Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu kurikulum pada semua jenjang dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah. Namun, pada kenyataannya di sekolah masih jarang guru menggunakan bahan ajar yang berbasis potensi lokal dalam proses pembelajarannya. Pendidikan di negara-negara maju sudah mulai menerapkan konsep multidisiplin ilmu, yaitu pendidikan Science, Technology, Enginering and Mathematics (STEM). Hal ini berhubungan dengan tuntutan pendidikan abad 21 yang pada terapannya tidak bisa hanya diselesaikan dengan satu disiplin ilmu saja. Integrasi aspek-aspek STEM tersebut dapat mendukung peningkatan hasil belajar siswa di sekolah. Pendekatan yang dapat membantu siswa untuk dapat bersaing di pendidikan abad 21 dengan menanamkan kemampuan ilmiah pada siswa. Pendekatan STEM sedang banyak digunakan oleh peneliti yang diintegrasikan dengan bahan ajar, inovasi dalam bahan ajar adalah diperlukan untuk menghasilkan bahan ajar yang baik, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar siswa tentang pendekatan STEM di sekolah. Aspek yang paling penting dan dibutuhkan di abad 21 selain kemampuan dari STEM ialah unsur literasi sains. kemampuan literasi sains berguna untuk membentuk siswa yang mampu berpikir solutif untuk mengatasi permasalahan yang berkembang di lingkungan. Namun pada kenyataanya di beberapa hasil penelitian terdapat hasil yang kurang. Oleh karena itu perlu dikembangkan Buku Ajar IPA berbasis STEM Terintegrasi dan Potensi Lokal Agroekosistem Kopi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengkaji validitas, kemampuan literasi sains siswa, dan respon siswa dengan menggunakan Buku Ajar IPA berbasis STEM Terintegrasi dan Potensi Lokal dalam pembelajaran IPA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian menurut Branch yang meliputi analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Prosedur dari Branch dijabarkan sebagai berikut: (1) Pengumpulan data, (2) desain produk, (3) validasi desain, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, dan (7) evaluasi produk. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar angket validasi, instrumen tes, dan instrumen lembar angket respon siswa. Teknik pengolahan data dilakukan ialah teknik validasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik persentase untuk mengetahui validitas buku ajar yang dikembangkan, teknik persentase untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa melalui N-gain melalui tes, dan teknik percentage of agreement untuk mengukur respon siswa untuk mengetahui kepraktisan buku ajar. Data yang diperoleh adalah data validasi ahli, data pretest dan posttest, serta data respon siswa. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan buku ajar IPA menunjukkan hasil yang meningkat baik kemampuan literasi sains siswa. Rata-rata pretest dan posttest kelas adalah 27,6 dan 83,4 dengan nilai N-Gain sebesar 0,77. Analisis nilai pretest dan posttest tersebut menunjukkan kriteria tinggi yang artinya bahwa hasil pembelajaran dengan penggunaan buku ajar IPA termasuk dalam produk yang efektif untuk pembelajaran IPA. Kesimpulan pada penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar IPA dalam pembelajaran IPA berupa produk yang valid berdasarkan penilaian ahli, buku ajar IPA efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi energi didasarkan pada nilai pretest dan posttest siswa, dan buku ajar IPA praktis digunakan untuk siswa berdasarkan hasil nilai angket respon siswa.
Description: validasi_repo_firli_juli_2023_14
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117475
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Fix Bendel.pdf
  Until 2028-01-27
5.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.