Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117381
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ROSANTI, Fanny Aprilia | - |
dc.date.accessioned | 2023-07-27T22:41:07Z | - |
dc.date.available | 2023-07-27T22:41:07Z | - |
dc.date.issued | 2023-04-13 | - |
dc.identifier.nim | 180210204268 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117381 | - |
dc.description | Finalisasi repositori 28 Juli 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terbagi menjadi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pulo 01 Lumajang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/ 2023. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB berjumlah 28 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Penerapan model discovery learning dimulai dari stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Penerapan model discovery learning dilakukan dengan baik setiap siklusnya, terlihat dari hasil analisis aktivitas guru mencapai 84,8% pada siklus I dan 90,9% pada siklus II. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Persentase aktivitas belajar siswa tahap prasiklus 42,45%, meningkat pada siklus I menjadi 61,10%, dan lebih meningkat pada siklus II sebesar 80,35%. Hasil belajar klasikal prasiklus ranah afektif sebesar 67,4%, data hasil belajar ranah kognitif sebesar 64,8%. Ranah psikomotorik siswa diperoleh nilai sebesar 62,3%. Hasil belajar siklus I meningkat sebesar 75,8%. Hasil belajar ranah kognitif sebesar 73,5%, ranah psikomotorik siswa diperoleh nilai sebesar 83%. Hasil belajar siklus II lebih meningkat dan diperoleh skor ranah afektif sebesar 80,1%, hasil belajar ranah kognitif sebesar 83%, dan ranah psikomotorik siswa sebesar 83,2%. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing 1: Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2: Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | DISCOVERY LEARNING | en_US |
dc.title | Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan di SDN Pulo 01 Lumajang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_juni_2023_20 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Fanny Aprilia Rosanti Repository.pdf Until 2028-04-13 | 4.51 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools