Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117381
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorROSANTI, Fanny Aprilia-
dc.date.accessioned2023-07-27T22:41:07Z-
dc.date.available2023-07-27T22:41:07Z-
dc.date.issued2023-04-13-
dc.identifier.nim180210204268en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117381-
dc.descriptionFinalisasi repositori 28 Juli 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terbagi menjadi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pulo 01 Lumajang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/ 2023. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB berjumlah 28 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Penerapan model discovery learning dimulai dari stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Penerapan model discovery learning dilakukan dengan baik setiap siklusnya, terlihat dari hasil analisis aktivitas guru mencapai 84,8% pada siklus I dan 90,9% pada siklus II. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Persentase aktivitas belajar siswa tahap prasiklus 42,45%, meningkat pada siklus I menjadi 61,10%, dan lebih meningkat pada siklus II sebesar 80,35%. Hasil belajar klasikal prasiklus ranah afektif sebesar 67,4%, data hasil belajar ranah kognitif sebesar 64,8%. Ranah psikomotorik siswa diperoleh nilai sebesar 62,3%. Hasil belajar siklus I meningkat sebesar 75,8%. Hasil belajar ranah kognitif sebesar 73,5%, ranah psikomotorik siswa diperoleh nilai sebesar 83%. Hasil belajar siklus II lebih meningkat dan diperoleh skor ranah afektif sebesar 80,1%, hasil belajar ranah kognitif sebesar 83%, dan ranah psikomotorik siswa sebesar 83,2%.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing 1: Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2: Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectDISCOVERY LEARNINGen_US
dc.titlePenerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan di SDN Pulo 01 Lumajangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_juni_2023_20en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Fanny Aprilia Rosanti Repository.pdf
  Until 2028-04-13
4.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools