Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117276
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUTARI, Dwi Martiana-
dc.date.accessioned2023-07-17T22:19:31Z-
dc.date.available2023-07-17T22:19:31Z-
dc.date.issued2023-05-12-
dc.identifier.nim190210204008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117276-
dc.descriptionFinalisasi repositori 18 Juli 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, validitas, serta efektivitas dari produk bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal pada materi teks narasi sejarah untuk siswa kelas V di SDN 5 Kebondalem Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Pada penelitian ini, langkah-langkah pengembangan R&D model Borg and Gall hanya dilakukan sampai pada tahapan kedelapan yaitu uji coba produk. Hal ini dikarenakan pada tahapan kedelapan penelitian pengembangan sudah dapat disimpulkan kelayakan dan keefektifan dari produk yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, validasi, angket, serta tes. Hasil validitas oleh ketiga validator ahli media, bahasa, dan materi sekaligus praktisi menunjukkan bahwa produk bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan memperoleh nilai sebesar 88,1 dengan kriteria sangat layak. Skor validitas produk dari angket respons siswa adalah 91% yang tergolong kedalam kriteria sangat baik. Efektivitas produk bahan ajar yang telah dikembangkan ditinjau dari skor ketuntasan hasil belajar sebesar 86,36% yang tergolong kedalam kriteria sangat baik. Tingkat keefektifan produk apabila dilihat dari angket respons siswa menunjukkan skor akhir sebesar 87 sehingga tergolong kedalam kategori sangat efektif. Berdasarkan tes hasil tersebut menunjukkan bahwa produk bahan ajar Bahasa Indonesia yang dikembangkan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi teks narasi sejarah di kelas V sekolah dasar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBAHAN AJARen_US
dc.subjectKEARIFAN LOKALen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Teks Narasi Sejarah untuk Siswa Kelas V di SDN 5 Kebondalem Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Juni_2023_16en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DWI MARTIANA UTARI_190210204008_REPOSITORY UNEJ.pdf
  Until 2028-05-29
1.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools