Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117206
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTIASTUTIK, Fuji-
dc.date.accessioned2023-07-12T22:24:00Z-
dc.date.available2023-07-12T22:24:00Z-
dc.date.issued2023-05-02-
dc.identifier.nim190210104110en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117206-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 13 Juli 2023en_US
dc.description.abstractPenelitian ini berguna mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai LKPD berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar IPA SMP Kelas VIII. Penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimental. Populasi memakai peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Jember. Sampel penelitian ditetapkan memakai metode purposive sampling area yaitu kelas VIII G sebanyak 33 peserta didik dan kelas VIII H yakni 32 siswa. Perangkat pembelajaran berupa (1) silabus, (2) RPP, dan (3) LKPD berbasis multirepresentasi. Teknik pengambilan data utama yakni tes berbentuk soal uraian 10 soal yang mengarah ke berpikir tingkat tinggi (HOTS) guna melihat hasil belajar kognitif dilaksanakan tes (pretest) dan (posttest) dan kisi-kisi soal tes. Teknik pengambilan data pendukung yaitu lembar pemantauan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitain dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dahulu. Hasil uji hipotesa pada nilai posttest didapat nilai sig. (2-tailed) 0,000 artinya ditolak dan disetujui sehingga nilai rerata skor posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol berbeda atau model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai LKPD berbasis multirepresentasi berdampak terhadap hasil belajar IPA SMP kelas VIII. Pernyataan tersebut membuktikan pembelajaran memakai model pembelajaran PBL disertai LKPD berbasis multirepresentasi memungkinkan menggapai hasil belajar IPA.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si. Nur Ahmad, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectLKPD BARBASIS MULTIREPRESENTASIen_US
dc.subjectSELF EFFICACYen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar IPA SMP Kelas VIIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Nur Ahmad, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_2023_12en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REPOSITORY.pdf
  Until 2027-05-02
79.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools