Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117169
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUNAWAROH, Faridatul-
dc.date.accessioned2023-07-11T05:11:36Z-
dc.date.available2023-07-11T05:11:36Z-
dc.date.issued2022-12-20-
dc.identifier.nim170210102071en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117169-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 11 Juli 2023en_US
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu mata pelajaran di SMA yang mempelajari tentang gejala alam. Peserta didik masih beranggapan bahwa fisika adalah pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Hal tersebut dapat disebabkan oleh model pembelajaran atau media yang digunakan kurang tepat sehingga peserta didik merasa tidak nyaman selama proses pembelajaran. Berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad 21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis guna menyaring informasi yang diterima. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah. Pendekatan pembelajaran STEM mengintegrasikan empat disiplin ilmu yaitu sains, teknologi, teknik, dan matematika. Salah satu media pembelajaran yang mendapat respon baik serta menarik bagi peserta didik adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penggunaan LKPD berbasis STEM dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik sehingga akan berdampak baik terhadap hasil pembelajaran yang diperoleh. Pembelajaran yang menerapkan STEM menuntut guru dan peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis dan salah satu ciri yang menunjukkan keterampilan tersebut adalah menemukan pemikiran sendiri Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui validitas LKPD berbasis STEM, mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis STEM. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan dilaksanakan di kelas X IPA 1 SMA Pancasila pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penentuan tempat penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling area yang berarti tempat penelitian sengaja dipilih berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu, diantaranya yaitu keterbatasan tenaga, waktu, dana, dan ketersediaan sekolah. Penelitian ini menggunakan responden peserta didik kelas X IPA 1 sebanyak 37 orang. Data validitas LKPD berbasis STEM diperoleh dari angket validasi dengan tiga validator ahli. Selanjutnya, LKPD yang valid digunakan dalam pembelajaran dan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media berupa LKPD berbasis STEM pada kelas X IPA 1 SMA Pancasila, peserta didik diberikan soal tes berupa uraian sebanyak 5 soal dengan waktu pengerjaan 60 menit. Pada akhir pembelajaran, peserta didik diberi angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis STEM selama proses pembelajaran. Pada angket validasi LKPD terdapat tiga aspek yang dinilai yaitu aspek didaktik, konstruksi, dan teknis. Seluruh aspek tersebut termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase total 90,7%. Aspek kontruksi memperoleh nilai persentase paling tinggi yaitu sebesar 92,2% yang berarti bahwa LKPD Berbasis STEM dinilai sudah cukup baik dalam menggambarkan profil peserta didik, menggunakan kalimat yang efektif dan mudah dipahami oleh peserta didik, sedangkan aspek teknik memperoleh nilai persentase terendah yakni sebesar 89,3%. Selanjutnya, setelah tes keterampilan berpikir kritis dilakukan maka diperoleh data keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 58,38 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Pancasila khususnya kelas X IPA 1 harus dilatih dan ditingkatkan lagi. Salah satunya dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran atau media penunjang pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga menarik perhatian peserta didik agar lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis STEM dalam pembelajaran tergolong menarik dengan persentase sebesar 76,09%. Hal ini menunjukkan bahwa isi LKPD menarik dan mengasah pengetahuan serta keterampilan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa (1) LKPD berbasis STEM sangat valid; (2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X IPA 1 SMA Pancasila tergolong sedang; (3) Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis STEM tergolong menarik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFKIPen_US
dc.subjectLKPD STEMen_US
dc.titleImplementasi LKPD Berbasis STEM untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pokok Bahasan Gerak Lurusen_US
dc.title.alternativeImplementasi LKPD Berbasis STEM untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pokok Bahasan Gerak Lurusen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Bambang Supriadi, M.Scen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Faridatul Munawaroh_Repository_170210102071.pdf
  Until 2028-03-17
Experiment2.27 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools