Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117147
Title: Segmentasi CLV Pelanggan Retail menggunakan Model LRFM dan Metode AHC untuk Menentukan Strategi CRM
Authors: LESTARI, Septia Puji
Keywords: CUSTOMER SEGMENTATION
CUSTOMER LIFETIME VALUE
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
SILHOUETTE
AGGLOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING
Issue Date: 26-Jan-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Komputer
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan cluster atau mensegmen pelanggan berdasarkan customer lifetime value menggunakan model LRFM menggunakan algoritma agglomerative hierarchical clustering. Segementasi pelanggan ini dilakukan untuk mengelompokkan pelanggan dan menentukan strategi yang tepat pada setiap kelompok pelanggan. Selain itu tujuan penelitian ini adalah mensegmentasi customer lifetime value pelanggan retail berdasarkan model LRFM dengan menggunakan Agglomerative hierarchical clustering dan juga menentukan strategi CRM yang dapat diberikan pada toko retail berdasarkan hasil segmentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah agglomerative hierarchical clustering. metode ini dipilih karena algoritma ini menggambarkan semua data menjadi cluster kecil lalu dikelompokkan kedalam cluster yang lebih besar. berdasarkan hasil clustering didapatkan 2 cluster kelompok pelanggan dengan hasil cluster 0 dan cluster 1. Selain itu dari hasil segmentasi pelanggan dihasilkan 2 kelompok pelanggan yaitu kategori new customer dan potensional customer
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 3 Juli 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117147
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SeptiaPuji_182410103019.pdf
  Until 2028-07-03
1.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools