Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117146
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Daerah Perkebunan Kopi
Authors: HABIBAH, Ludfiahtul
Keywords: COLLABORATIVE LEARNING
PROBLEM SOLVING
DAERAH PERKEBUNAN KOPI
Issue Date: 27-Jan-2023
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Karakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat perkebunan kopi memiliki kemandirian belajar rendah, sehingga perlu adanya kemandirian belajar dibimbing oleh guru agar dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada siswa. Model pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving merupakan kombinasi antara dua pendekatan pembelajaran, yaitu pembelajaran kerja sama dan pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimen dengan dua kelas sebagai perlakuan. Kelas eksperimen menggunakan model Collaborative Learning dipadu Problem Solving, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan materi yang sama pada kedua kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN Jenggawah dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3.
Description: Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa ada perbedaan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 76,67 (±5) sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelas kontrol sebesar 63,75 (±4,33).....Finalisasi oleh Taufik Tgl 3 Juli 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117146
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-07-03
Skripsi4.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools