Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117128
Title: | Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Melalui Media Loose Parts di Kelompok B TK ABA 1 Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2022 - 2023 |
Authors: | SANDY, Cici Aprili |
Keywords: | STEAM, Loose Parts, Pembelajaran |
Issue Date: | 5-Apr-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pendidikan pada anak di era revolusi 4.0, anak tidak cukup hanya menguasai kemampuan dalam berhitung, membaca, menulis, namun seorang pendidik dan orang tua di rumah perlu memberi pemahaman terkait dengan berbagai keterampilan dan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas lainnya. Upaya pembaruan yang dapat dilakukan dalam bidang pendidikan khususnya lingkup lembaga pendidikan anak usia dini yaitu menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam bagaimana penerapan pembelajaran berbasis STEAM melalui Media Loose Parts di kelompok B TK ABA 1 Kaliwates Jember. Subjek penelitian ini yaitu guru kelompok B4 Bumantara, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kelompok B4 Bumantara dengan jumlah 13 anak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data Miles and Huberman. Kredibiltas penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik serta member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam penerapan pembelajaran berbasis STEAM guru melaksanakan proses pembelajaran antara lain perencanaan yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran yaitu modul ajar yang berisikan curah ide kegiatan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), curah ide kegiatan dan peta konsep; pelaksanaan yang meliputi menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), media loose parts, alat dan bahan yang akan digunakan oleh anak; dan evaluasi yang meliputi teknik evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru catatan anekdot, hasil karya, foto berseri. Penerapan pembelajaran berbasis STEAM guru telah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik serta ada beberapa hal yang perlu perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117128 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_CICI APRILI SANDY_190210205038.pdf | 0a67b73d_2023_06_tanggal 27 | 5.62 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools