Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117099
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMAULIYA, Annisa-
dc.date.accessioned2023-06-26T02:24:55Z-
dc.date.available2023-06-26T02:24:55Z-
dc.date.issued2023-03-29-
dc.identifier.nim170210104072en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117099-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan keefektifan pembelajaran serta keterampilan proses sains yang menggunakan model pembelajaran PBL disertai LKS berbasis multi representasi pada siswa kelas 8 SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar, siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan kesulitan siswa dalam menjawab soal berformat gambar, verbal dan grafik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan post test only control group. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi dan angket respon. Hasil uji normalitas nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,197 dan 0,200 yang berarti nilai tersebut normal. Hasil penerapan modul pembelajaran PBL yang disertai LKS berbasis multirepresentasi diperoleh data berupa skor postes yang diuji dengan independent sample t-test. Hasil independent sample t-test diperoleh nilai 0,00. Hasil analisis keterampilan proses sains menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai 78,96. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa respon siswa sangat positif dengan rata-rata nilai 95%. Hasil tes ini menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran, aktif dan tertarik untuk belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL yang disertai LKS IPA berbasis multi representasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA di SMP. Model PBL dengan representasi ganda dapat membantu siswa mengatasi tantangan dalam pemecahan masalah melalui proses model PBL, juga ketika menggunakan representasi yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran PBLen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMultirepresentasien_US
dc.subjectKeterampilan Proses Sainsen_US
dc.subjectEfektivitas Pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran PBL Disertai LKPD IPA Berbasis Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorValidasi unggah file repository_Iswahyudi_Mei 2023 tanggal 31en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi unggah file repository_M. Arif Tarchimansyah_Mei 2023 tanggal 26en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ANNISA MAULIYA_170210104072.pdf
  Until 2027-05-10
0a67b73d_2023_05_tanggal 265.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools