Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117098
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “SILOGI” Berbasis Android pada Muatan IPA Topik Ekosistem untuk Peserta Didik Kelas V di MIN 3 Jombang
Authors: AZIZAH, Nur Aini
Keywords: Muatan Ipa Topik Ekosistem
Issue Date: 13-Apr-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “SILOGI” Berbasis Android Pada Muatan IPA Topik Ekosistem untuk Peserta Didik Kelas V di MIN 3 Jombang; Nur Aini Azizah, 73 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Perkembangan ilmu pengetahuan secara tidak langsung membuat teknologi juga ikut berkembang sehingga, perkembangan teknologi tersebut dapat dijadikan sebuah inovasi agar pembelajaran lebih bervariasi. Terutama pada pembelajaran IPA yang kebanyakan materinya membutuhkan kegiatan praktik dan media, tidak hanya teori saja. Problematika yang ditemukan setelah melakukan kegiatan observasi dan wawancara dengan guru kelas V MIN 3 Jombang adalah sebagai berikut: (1) Media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi; (2) Tidak semua materi pada muatan IPA dapat diamati secara langsung oleh peserta didik; (3) Nilai peserta didik yang kebanyakan masih dibawah rata-rata; dan (4) sekolah belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis Android. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran interaktif “Silogi” berbasis Android yang valid, efektif, dan praktis pada muatan IPA topik ekosistem untuk peserta didik kelas V di MIN 3 Jombang dan (2) bagaimana hasil kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran interaktif “silogi” berbasis Android pada muatan IPA topik ekosistem untuk peserta didik kelas V di MIN 3 Jombang? Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Model penelitian ini terdiri dari 10 tahapan, tetapi dalam penelitian ini dilakukan sampai 8 tahapan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/ 2023. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA dan VB MIN 3 Jombang yang berjumlah 61 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian adalah observasi, wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk mengetahui kevalidan dengan hasil validasi para ahli, keefektifan dengan uji t-test dan uji keefektifan relatif, serta kepraktisan menggunakan angket respon peserta didik. Media pembelajaran Silogi berbasis Android yang telah dikembangkan dan diuji validasi oleh ahli media dan ahli bahasa yakni 2 dosen PGSD Universitas Jember dan ahli materi yakni 1 guru MIN 3 Jombang, memperoleh skor 88,66 dengan kategori sangat layak. Uji coba penggunaan produk dilakukan pada 20 peserta didik kelas V MIN 3 Jember dengan memberikan daftar checklist kepada peserta didik yang terdiri dari 10 poin pengujian, berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa dari kesepuluh poin tersebut mendapatkan kategori baik sehingga tidak terdapat revisi pada produk yang dikembangkan. Hasil uji independent sample t-test didapatkan hasil lebih besar daripada t-tabel (5,299 > 1,670), sehingga pembelajaran kelas eksperimen dinyatakan lebih efektif daripada pembelajaran kelas kontrol. Hasil uji keefektifan relatif menunjukkan hasil 52,95%, apabila ditafsirkan pada tabel penafsiran uji keefektifan relatif, maka media pembelajaran Silogi berbasis Android termasuk dalam kategori keefektifan sedang. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor 96 yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, maka media pembelajaran Silogi dikatakan sangat valid atau layak digunakan serta efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran, karena berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dan media pembelajaran Silogi merupakan media pembelajaran yang sangat praktis atau termasuk dalam media yang gampang, mudah dalam pengoperasian, dan menarik dalam tata bahasa serta tampilannya. Saran dari penelitian ini, diharapkan ada lanjutan penelitian terhadap media pembelajaran Silogi berbasis Android dengan materi yang berbeda untuk meningkatkkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Selain itu, pengembangan media pembelajaran Silogi berbasis Android dapat diperbarui sesuai dengan perkembangan zaman.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117098
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-05-10
0a67b73d_2023_05_tanggal 263.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools