Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117055
Title: | Pengaruh Penerapan Teori Belajar Bruner terhadap Hasil Belajar Materi Volume Balok pada Siswa Kelas V di SDN Badean 1 Bondowoso |
Authors: | HIDAYATULLAH, Agung |
Keywords: | SISWA PASIF HASIL BELAJAR RENDAH TEORI BRUNER |
Issue Date: | 11-Jan-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pengaruh Penerapan Teori Belajar Bruner terhadap Hasil Belajar Materi Volume Balok pada Siswa Kelas V di SDN Badean 1; Agung Hidayatullah, 39 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Guru yang memegang peran utama dalam proses pembelajaran membuat siswa pasif dalam proses menggali pengetahuan yang sedang dikaji, sehingga siswa merasa bosan, siswa merasa kesulitan belajar matematika dan masih banyak siswa yang memeroleh hasil belajar matematika pada penilaian tengah semester ganjil di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan teori belajar Bruner terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Volume Balok kelas V SDN Badean 1. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/ 2023. Penelitian dilaksanakan di SDN Badean 1 Bondowoso Jawa Timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan quasi experimental design dengan pola nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen pada kelas VA dan VB. Uji homogenitas pada penelitian ini menggunakan uji F, hasil Fhitung sebesar 0,89 dan nilai Ftabel sebesar = 1,9, selanjutnya diketahui bahwa Fhitung < Ftabel, 0,89 < 1,9, dinyatakan bahwa kelompok kontrol dan eksperimen homogen. Selanjtunya dilakukan uji validitas empirik menggunakan teknik korelasi product moment dari pearson bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil uji validitas empirik menunjukkan ketiga soal yang digunakan valid. Uji realibilitas menggunakan metode double scorrer, hasil uji realibilitas memiliki nilai sebesar 0,96, sehingga dinyatakan realibilitas soal tinggi. Selanjutnya dilakukan uji indeks daya beda soal, dan ketiga soal yang di uji memiliki indeks daya pembeda pada kategori cukup karena berada pada rentang 0,21 – 0,40. Uji kesulitan soal menunjukkan bahwa seluruh soal memiliki indeks kesulitan soal pada kategori sedang, karena berada pada rentang 0,31–0,70. Uji normalitas dihitung menggunakan bantuan SPSS versi 26, menggunakan uji shapiro-wilk karena jumlah populasi < 100. Nilai siginifikansi yang didapatkan pada pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen lebih dari 0,05, dapat dinyatakan bahwa data yang berdistribusi normal. Uji t yang dilakukan untuk menguji hipotesis mendapatkan nilai sebesar 10,08, sedangkan untuk nilai ttabel adalah menggunakan ketentuan taraf siginifikansi 5% dan df 54, didapatkan nilai t tabel 2,004. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan teori belajar Bruner terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi volume balok kelas V SDN Badean 1, karena nilai thitung > ttabel. Uji keefektifan perlakuan mendapatkan hasil sebesar 62%, nilai tersebut masuk ke dalam kategori keefektifan perlakuan tinggi. Penerapan teori belajar Bruner terhadap hasil belajar matematika siswa berpengaruh sebesar 62% dan 38% lainnya dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal Berdasarkan seluruh hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan teori belajar Bruner terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi volume balok kelas V SDN Badean 1. Adapun saran yang dapat diberikan berlandaskan pada ditemukannya permasalahan ketika menggunakan terori belajar Bruner pada pembelajaran matematika adalah guru hendaknya dapat membuat dan menggunakan media balok yang dibuat dari bahan yang lebih tahan lama, sehingga penggunaan media tidak digunakan sekali saja. Siswa hendaknya dapat berperan aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa fokus pada pembelajaran dan mengabaikan gangguan-gangguan di luar kegiatan pembelajaran. Peneliti lain yang ingin melakukan penelitian terkait teori Bruner hendaknya dapat melakukan penelitian untuk melihat pengaruh teori belajar Bruner terhadap kemampuan literasi matematika siswa, sebab ada beberapa aspek dari teori Bruner dan literasi matematika yang mendukung penelitian tersebut. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl 25 Juni 2023 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117055 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc (1).pdf Until 2028-01-31 | 2.86 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools