Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116995
Title: Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Authors: APRILIA, Eka Putri
Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN
ADOBE ANIMATE CC
HASIL BELAJAR FISIKA
Issue Date: 17-Apr-2023
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Kegiatan pembelajaran menuntut siswa untuk perperan aktif sejak berlakunya kurikulum 2013. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru dalam melalukan proses pembelajaran. Pengaplikasian materi hukum gravitasi Newton diperlukan visualisasi pembelajaran fisika karena materi hukum gravitasi Newton memuat materi alam jagad raya yang tidak dapat diamati secara langsung sehingga siswa dituntut untuk dapat membayangkan materi tersebut. Adobe Animate CC dapat memvisualisasikan materi dengan penggambaran menggunakan animasianimasinya sehingga cocok digunakan pada materi hukum gravitasi Newton. Tujuan penelitian ini ada dua diambil dari rumusan masalah yang dikaji oleh penulis. Pertama yaitu mengkaji pengaruh signifikan Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Tujuan kedua yaitu mendeskripsikan hasil respon siswa setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design yang dilakukan pada semester genap di SMAN 1 Sine. Desain penelitian ini yaitu One group pretestposttest design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk hasil belajar menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 23 dari data hasil belajar fisika siswa sebelum penerapan media pembelajaran dan setelah penerapan media pembelajaran fisika selesai untuk melihat perbandingan nilai rata-rata hasil belajar dengan media pebelajaran Animate CC dan sebelum menggunakan media. Data respon siswa diperoleh dari nilai angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk respon siswa berupa penilaian angket respon siswa melalui skala linkert dengan lima skala penilaian. DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER ix Hasil penelitian mengenai pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar siswa menggunakan pretest dan posttest diperoleh perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Hasil analisis data menggunakan uji paired sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Berdasarkan pada dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima, artinya ada pengaruh signifikan Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika. Adanya pengaruh signifikan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika karena media Adobe Animate CC dapat membantu siswa dalam memperoleh informasi dari guru dan Adobe Animate CC dapat menjadi salah satu sumber belajar sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat daripada sebelumnya. Hasil penelitian terkait respon siswa setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC menggunakan angket respon di kelas eksperimen. Berdasarkan hasil data diperoleh presentase rata-rata respon sebesar 84,3% dengan kriteria sangat positif. Hasil tersebut membuktikan ketertarikan dan kemudahan siswa dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC. Presentase rata-rata respon dengan kriteria sangat positif didapatkan karena siswa dapat aktif terlibat dalam pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan penerapan media pembelajaran Adobe Animate CC sehingga siswa mudah menerima materi yang diajarkan oleh guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa SMAN 1 Sine. Respon siswa SMAN 1 Sine setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC masuk dalam kategori sangat positif. Hasil tersebut membuktikan ketertarikan dan kemudahan siswa dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC.
Description: Finalisasi repositori 20 Juni 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116995
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eka Putri Aprilia_Repository.pdf
  Until 2028-05-24
1.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools