Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116920
Title: Analisis Kemampuan Berpikir Metakognitif dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa di Sekolah Kawasan Perkebunan Kopi dengan Pembelajaran Kolaboratif Sharing Level dan Jumping Task
Authors: SARI, Senda Novita
Keywords: PEMBELAJARAN KOLABORATIF
SHARING LEVEL dan JUMPING TASK
Issue Date: 17-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di duniayang menduduki peringkat 4 setelah Brazil, Colombia, dan Vietnam. Salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia adalah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun sayangnya pendidikan di daerah perkebunan dikatakan memiliki kualitas pendidikan yang rendah dimana fasilitas, sarana dan prasarana yang ada kurang mendukung serta umumnya masih menerapkan pembelajaran yang berfokus pada guru atau pembelajaran konvensional yang menyebabkan hasil pembelajaran tidak optimal. Oleh sebab itu guru diharapkan bisa menciptakan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Salah satunya dengan pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kolaboratif sharing level dan jumping task terhadap kemampuan berpikir metakognitif dan penguasaan konsep biologi siswa di sekolah kawasan perkebunan kopi. Metode penelitian dengan menggunakan quasi experiment, dengan menentukan kelasekperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Penerapan pembalajaran kolaboratif sharing level dan jumping task mengikut sertakan siswa dalam proses pembelajaran yang aktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir metakognitif dan penguasaan konsep biologi siswa. Hasil penelitian yang dilakukan di MA Al- hidayah menunjukan bahwa pembelajaran kolaboratif sharing level dan jumping task dapat meningkatkan kemampuan berpikir metakognitif dan penguasaan konsep biologi. Hasil analisi uji ANACOVA terhadap kemampuan berpikir metakognitif siswa dan penguasaan konsep biologi menunjukan nilai signifikansi 0,000 atau < 0,05 Sehingga dapat diartikan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif sharing level dan jumping task berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir metakognitif dan pemahaman konsep biologi siswa.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 15 Juni 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116920
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository.pdf
  Until 2028-01-31
1.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools