Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116890
Title: | Pengaruh Intensitas Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kompetensi Profesional Guru di PAUD Terpadu Al-Furqan Jember |
Authors: | MUZIZAH, Afitrotul |
Keywords: | Sumber Daya Manusia Kompetensi Guru Profesi Guru |
Issue Date: | 20-May-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Seorang guru termasuk tenaga profesional yang merupakan salah satu komponen penting untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Guru wajib memiliki kompetensi yang salah satunya adalah kompetensi profesional guru. Kompetensi profesional merupakan modal untuk mengajar, mendidik, serta membimbing peserta didik dan perlu adanya pembaharuan dan pengembangan agar kinerja menjadi semakin lebih baik lagi. Upaya untuk mengembangkan kompetensi profesional guru dapat dilakukan dengan mengikuti program pengembangan sumber daya manusia. PAUD Terpadu Al-Furqan Jember merupakan lembaga pendidikan yang memberikan perhatian khusus terhadap tenaga pendidik salah satunya dengan mengadakan program pengembangan sumber daya manusia secara rutin setiap hari sabtu. Program yang diselenggarakan dengan durasi dan frekuensi yang berkelanjutan, diharapkan dapat memotivasi guru dan memfasilitasi guru untuk dapat mengembangkan diri berupa pengembangan keterampilan secara teknis, teoritis, konseptual maupun moral. Dengan itu guru diharapkan dapat melaksanakan tugas secara profesional baik dimasa sekarang dan juga mendatang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Adakah pengaruh intensitas pengembangan sumber daya manusia terhadap kompetensi profesional guru di PAUD Terpadu Al-Furqan Jember?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh intensitas pengembangan sumber daya manusia terhadap kompetensi profesional guru di PAUD Terpadu Al-Furqan Jember. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Al-Furqan Jember. Responden pada penelitian ini adalah seluruh guru di PAUD Terpadu Al-Furqan Jember yang berjumlah 30 tenaga pendidik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ex post facto menggunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diketahui persamaan regresi yaitu Y = 23.883 + 0,765 X yang artinya intensitas pengembangan SDM berpengaruh positif terhadap kompetensi profesional guru. Melalui uji regresi juga diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 memiliki arti bahwa variabel intensitas pengembangan sumber daya manusia (X) mempengaruhi kompetensi profesional guru (Y). Kemudian berdasarkan nilai t, diketahui nilai thitung 4,216 > tabel 2,048 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga menunjukkan terdapat pengaruh intensitas pengembangan sumber daya manusia terhadap kompetensi profesional guru PAUD Terpadu Al-Furqan Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya sekolah dapat terus menyelenggarakan program pengembangan sumber daya manusia untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di sekolah. Bagi guru diharapkan dapat semakin aktif mengikuti program pengembanagn yang diselenggarakan oleh sekolah maupun program pengembangan yang ada di luar sekolah. Hal tersebut akan berdampak positif bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri agar mutu pendidikan semakin lebih baik. Bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan instrumen dan memperbanyak jumlah responden agar hasil yang diperoleh semakin baik dan lebih akurat. |
Description: | validasi_repo_firli_juni_2023_13 Finalisasi repositori 14 Juni 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116890 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
repository afitrotul muzizah.pdf Until 2028-05-29 | 3.58 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools