Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116866
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSAPUTRA, Bayu
dc.date.accessioned2023-06-13T22:44:42Z
dc.date.available2023-06-13T22:44:42Z
dc.date.issued2022-07-20
dc.identifier.citationHarvard style
dc.identifier.nim181910101084en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116866
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 14 Juni 2023en_US
dc.description.abstractTurbin gas merupakan sumber energi listrik dalam suatu industri. Dibandingkan dengan motor diesel, turbin gas lebih cepat dalam instalasi, biaya investasi lebih murah, dan mampu beroperasi dalam keadaan dingin. Turbin gas juga mampu dioperasikan dengan bahan bakar yang bervariasi. Turbin gas dengan kerja sebesar 4 watt sampai 100 watt dapat diklasifikasikan ke dalam turbin gas ultra mikro. Turbin gas ultra mikro berpotensi dikembangkan lagi supaya mampu menghasilkan energi listrik dengan skala kecil. Oleh karena dilakukan penelitian tentang turbin gas ultra mikro untuk mengetahui kerja terbaik dari turbin gas ultra mikro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran udara dan bahan bakar kaya terhadap: (1) kerja kompresor, (2) kerja turbin, (3) back work ratio (4) kerja bersih. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimental dengan 3 variasi pengujian. Hasil yang diperoleh dari pengujian ini menunjukan bahwa nilai kerja turbin gas ultra mikro tertinggi pada nilai air fuel ratio 7,5 kgudara/ kgbahan bakar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kenaikan air fuel ratio seiring dengan kenaikan kinerja turbin gas ultra mikro. Pada nilai air fuel ratio 7,5 kgudara/ kgbahan bakar menghasilkan nilai kinerja sebagai berikut: (1) kerja kompresor=63,30 watt, (2) kerja turbin= 871,89 watt, (3) back work ratio=7,26% (4) kerja bersih= 808,60 watt. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu semakin tinggi nilai air fuel ratio maka nilai kerja kompresor, kerja turbin, back work ratio, dan kerja berish juga ikut meningkat.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Ir. Nasrul Ilminafik S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectAIR FUEL RATIOen_US
dc.subjectLIQUEFIED PETROLEUM GASen_US
dc.subjectLPGen_US
dc.subjectAFRen_US
dc.titlePengaruh Air Fuel Ratio (AFR) terhadap Performa Sistem Turbin Gas Ultra Mikro Berbahan Bakar Liquefied Petroleum Gas (LPG)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Teknik Mesinen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Ir. Nasrul Ilminafik S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rahma Rei Sakura S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-06-14
1.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools