Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116804
Title: Pengaruh Permainan Media Rokaflip Smart terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A di TK Bina Anaprasa Nuris Tahun Pelajaran 2021/2022
Authors: SARI, Sherina Puspita
Keywords: PERMAINAN ROKAFLIP SMART
KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
Issue Date: 16-Jan-2023
Publisher: FAKULTAS DAN KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Media rokaflip smart merupakan media yang terdiri dari tiga macam bentuk yang terdiri dari Roda Pintar, Kartu Belajar dan Flip Card. Dalam menggunakan media rokaflip smart langkah pertama yaitu menggunakan kartu belajar untuk mengenal suku kata, langkah kedua yaitu roda pintar untuk menguji kemahiran anak mengenal suku kata, dan langkah ketiga yaitu flip card diajarkan mengenal gabungan huruf konsonan, huruf vokal dan huruf konsonan. Membaca permulaan merupakan salah satu bagian dari aspek perkembangan bahasa anak usia dini yang harus dikembangkan. Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan yang harus dimulai dengan pengenalan huruf, suku kata, mengenal kata dan kalimat. Di TK Bina Anaprasa Nuris pembelajaran khususnya dalam membaca permulaan belum berkembang dengan baik, anak belum menguasai simbol-simbol huruf alfabet dan membaca gabungan suku kata menjadi kata setelah stimulasi yang sudah diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan model non-equivalent control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data uji-t independent sample t-test menggunakan SPSS 25.0 dari hasil penelitian dapat diperoleh thitung sebesar 4,317dengan taraf signifikansi 0,05.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 13 Juni 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116804
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SHERINA PUSPITA SARI (170210205097).pdf
  Until 2028-03-17
3.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools