Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116790
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSOSIAWAN, Adam Aditya-
dc.date.accessioned2023-06-11T22:55:07Z-
dc.date.available2023-06-11T22:55:07Z-
dc.date.issued2023-03-28-
dc.identifier.nim190210204118en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116790-
dc.descriptionFinalisasi repositori 12 Juni 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPengenalan budaya lokal dapat berpotensi penting diberikan sejak dini kepada para peserta didik agar timbul rasa cinta tanah air dan rasa peduli serta tumbuh rasa cinta untuk memiliki budaya lokal. Upaya yang dilakukan yaitu memasukkan materi kebudayaan lokal ke dalam suatu bahan ajar LKPD Berbasis Kearifan Lokal. Kearifan lokal yang dipadukan dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat menjadikan para penerus bangsa yaitu peserta didik mengenal dan cinta akan budaya serta potensi daerah yang dimilikinya. Harapan tersebut tentunya dapat mendorong peserta didik dalam berpartisipasi dalam melestarikan budaya lokal daerah dan turut mengembangkan, mengenalkan, serta menjaga potensi yang dimiliki daerah. Penelitian ini difokuskan pada Unit 3 mata pelajaran PPKn pada kelas IV dan hanya berpusat pada pengenalan kearifan lokal Gresik dan terkait konsep bhinneka tunggal ika. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimana proses pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Gresik pada mata pelajaran PPkn unit 3 kelas IV di UPT SDN 44 Gresik; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Gresik pada mata pelajaran PPKn unit 3 kelas IV di UPT SDN 44 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan menyesuaikan pada penelitian pengembangan yang dilaksanakan. Validasi LKPD berbasis kearifan lokal Gresik telah dilakukan oleh ketiga validator ahli, adapus skor rerata yang diperoleh dari ketiga validator yaitu 83,5 masuk ke dalam kategori sangat layak. Keefektifan LKPD berbasis kearifan lokal Gresik ditinjau dari pencapaian hasil belajar melalui posttest.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectKearifan Lokal Gresiken_US
dc.subjectPPKnen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Gresik pada Mata Pelajaran Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unit 3 untuk Kelas IV di UPT SDN 44 Gresiken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum SE., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorratnaen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Adam Aditya Sosiawan.pdf
  Until 2028-05-29
6.46 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools