Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/11677
Title: PENGGUNAAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA
Authors: ASRUL SAHRIZAL MUDA
Keywords: Meningkatkan Motivasi Belajar
Issue Date: 20-Dec-2013
Series/Report no.: 070210301082;
Abstract: Rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas kelas X-E MA 1 Zainul Hasan Genggong Probolinggo pada mata pelajaran ekonomi terlihat dari kurangnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran, tidak bersemangatnya siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dan rendahnya reaksi siswa terhadap stimulus yang di berikan oleh guru. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan sumber belajar yang masih konvensional secara terus menerus tanpa divariasikan dengan sumber belajar lain. Hal tersebut mengakibatkan kejenuhan pada diri siswa. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan sumber belajar yang lebih fresh dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu dengan penggunaan bahan ajar digital. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara penggunaan bahan ajar digital dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi, serta untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui penggunaan bahan ajar digital dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X-E MA 1 Zainul Hasan Genggong semester genap tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan bahan ajar digital dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X-E MA 1 Zainul Hasan Genggong dalam proses mengajar. Peningkatan motivasi belajar selama melakukan observasi dan penelitian sudah mencapai target yaitu dari kriteria rendah menjadi tinggi, kemudian pada hasil belajar siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan dan sudah mencapai target yaitu baik secara individual maupun secara klasikal dengan kriteria tuntas. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu kepada guru mata pelajaran ekonomi kelas X-E MA 1 Zainul Hasan Genggong untuk tetap menggunakan bahan ajar digital dalam proses pembelajaran ekonomi sebagai variasi dalam penggunaan media pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11677
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Asrul Sahrizal Muda - 070210301082_1.pdf92.32 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools