Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116610
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fisika SMA Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Hukum Gravitasi Newton
Authors: PRATAMA, Ilham Angga
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif
Laboratorium Virtual,
Hukum Gravitasi Newton
Issue Date: 29-Jul-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pandemi Covid-19 di Indonesia mulai mereda di akhir tahun 2021, membuat pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB). Sehingga diperlukan media pembelajaran yang cocok agar dapat mendukung guru dalam penyelenggaraan pendidikan yang lebih efektif. Fisika merupakan ilmu sains yang memerlukan eksperimen untuk memahami konsep yang abstrak. Salah satu materi fisika yang abstrak adalah hukum gravitasi newton karena tidak bisa diamati secara langsung oleh siswa. Sehingga diperlukan laboratorium untuk memberikan pemahaman teoritis konsep sains kepada siswa melalui pengamatan eksperimental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif fisika SMA berbasis Adobe Animate CC pada materi hukum gravitasi newton. Hasil dari pengembangan ini memperoleh data validitas, efektivitas, dan respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan desain pengembangan Nieveen yang terdiri atas preliminary research, prototyping stage, dan assesment stage. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Tarik pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hasil validasi diperoleh rata-rata persentase sebesar 89.17% dengan interpretasi sangat valid. Hasil uji efektivitas media pembelajaran interaktif dengan menggunakan analisis N-Gain memperoleh nilai 0,78 yang memiliki kriteria tinggi. Selanjutnya data respon siswa yang didapatkan memperoleh persentase 74.27% yang termasuk dalam kategori positif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah validitas media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC memiliki interpretasi sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi, efektif dengan kriteria tinggi, dan mendapatkan respon siswa yang dikategorikan positif.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116610
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Repository_Ilham_Angga_Pratama_180210102088.pdf
  Until 2027-07-29
4.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools